Pemkab Kutai Karatanegara

Dibantai Jatim 5-1, Sepakbola Kaltim Masih Berpeluang ke Semifinal

Tim sepakbola PON Kaltim dilibas 5-1 oleh Jatim (Foto: KONI Jatim)

Olahraga, Siberkaltim.id – Hanya butuh hasil imbang untuk bisa lolos ke semifinal, Kalimantan Timur justru dibantai Jawa Timur. Tidak tanggung-tanggung, anak asuh Rahmat Hidayat kalah dengan skor telak 5-1 pada laga kedua Grup E PON XX 2021 Papua di Stadion Barnabas Youwe Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat (8/10/2021) sore.

Kaltim tertinggal cepat di 10 menit awal pertandingan lewat gol Dian Sasongko (6′) dilanjutkan Faisol Yunus (9’). Sebelum turun minum Kaltim sempat membalas lewat gol Agus Santoso (45’+2). Skor 2-1 untuk keunggulan Jatim di 45 menit pertama.

Selepas jeda Jatim memulai pesta golnya. Faisol Yunus mencetak gol keduanya lewat titik putih (49’) lalu gol dari Dwiki Mardiyanto (58’). Sedangkan, gol kelima Jatim datang dari kesalahan antisipasi bek Kaltim R. Yoya Pratama (71’) yang justru masuk ke gawang sendiri.

Pelatih Jawa Timur Ruddy Keltjes mengaku sudah tidak kaget dengan kemenangan besar ini. Karena tim sudah benar-benar siap dari segi fisik, taktik dan juga psikis.

“Memang saya siapkan dua hari (jeda) itu untuk melawan Kaltim. Kami sudah tahu cara main Kaltim yang memainkan bola-bola direct, sudah kami antisipasi,” ujar pelatih berusia 69 tahun selepas pertandingan.

Atas kekalahan ini, nasib Agus Santoso, dkk akan ditentukan hasil laga antara Jatim vs Jabar. Jika Jatim berhasil menang atau minimal bermain imbang maka otomatis Kaltim lolos babak semifinal sebagai runner up grup.

Babak 6 besar terbagi ke dalam dua grup, yakni Grup D berisi Papua, Sumatera Utara dan Aceh. Sedangkan Grup E diisi Jabar, Jatim, dan Kaltim. Akan ada dua tim terbaik dari masing-masing grup yang akan lolos ke semifinal.

(Redaksi Siberkaltim)