Pemkab Kutai Karatanegara

Kubar Kantongi 8 Medali di Peparprov Kaltim 2023, 6 Emas dan 2 Perunggu

Atlet dan ofisial kontingen Paralimpik Kutai Barat. (Foto: Istimewa)

KUBAR, Siberkaltim.id – Capaian apik para atlet asal Kutai Barat (Kubar) terus menambah koleksi medali pada Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) Kalimantan Timur (Kaltim) ke-empat yang digelar di Balikpapan.

Hingga hari ini (Jumat), kontingen Kubar telah berhasil meraih 8 medali emas dan perunggu. Hasil ini diperoleh sejak 15 November lalu hingga sekarang. 

“Cabor tolak peluru 2 emas, lempar lembing tunanetra 3 emas, lari 400 meter putra tunanetra 1 emas, dan putri 1 perunggu, kemudian catur putri tunanetra 1 perunggu,” ucap Ketua National Paralympic Comitee (NPC) Kubar, Yohanes Batoq kepada media ini, Jumat (17/11/2023).

Batoq menambahkan, jika keikutsertaan Kubar dalam ajang olahraga disabilitas tersebut baru pertama kali dilakukan. Sebanyak 16 atlet dan 5 official diturunkan. Terbagi dalam 5 Cabang Olahraga (Cabor) yakni Atletik, Tenis Meja, Bulutangkis, Catur, dan Goal Ball. 

Bahkan dikatakan Batoq, tidak ada target khusus bagi para atlet yang diboyong. Namun, hasilnya justru tak terduga, kini Kubar berada di peringkat kelima dari 9 kabupaten kompetitor. 

“Target kami adalah semua atlet yang ikut dalam kejuaraan ini minimal dapat medali, itu awalnya. Puji Tuhan, itu bisa kami capai dan tidak nyangka juga bisa masuk di lima besar sementara ini,” tambahnya.

Perjuangan para atlet yang terus mengharumkan nama daerah, patut diapresiasi. Apalagi menurutnya dengan jumlah atlet yang sedikit, berhasil membuktikan kualitasnya untuk meraih juara. 

“Ini suatu kebanggaan buat kita, hasil yang dicapai sejauh ini cukup memuaskan,” ujarnya.

Untuk diketahui, ada 13 cabor yang dilombakan pada Pekan Paralympic Kaltim tahun ini, yakni para menembak, para catur, para atletik, para voly duduk, para Boccia, para panahan, para bulu tangkis, para angkat berat, para tenis kursi roda, para sepak bola, para renang, para goal ball, dan para tenis meja. Dengan 8 venue yakni Dome, lapangan Tenis Indors, Lapangan Menembak, Kolam Renang Mulawarman, Lapangan Sudirman, Hevindo, dan Lapangan Merdeka.

Adapun jumlah peserta peserta yang ikut Peparprov 2023 sebanyak 584 orang, dengan jumlah atlet paralympic 486 atlet dan 99 pelatih atau official dengan 582 nomor tanding yang memperebutkan 582 medali emas, 582 medali perak, dan 765 medali perunggu. Berlangsung mulai tanggal 15-20 November 2023 mendatang. (Adv/Diskominfo Kubar)

Redaksi Siberkaltim.id