Pemkab Kutai Karatanegara

Kembali Duduki Karang Paci, Ekti Sukses Boyong 3 Kursi DPRD Kubar

Siberkaltim.id – Perolehan suara Partai Gerindra di Pemilihan Legislatif (Pileg) untuk memperebutkan kursi DPRD Provinsi Kalimantan Timur menunjukkan tren positif. Khusus pada daerah pemilihan (dapil) Kaltim 5 meliputi Kabupaten Kutai Barat dan Mahakam Ulu, suara partai besutan Prabowo ini sukses berada di puncak, dengan perolehan sebanyak 30.279 suara. Sukses merubah dominasi suara PDI Perjuangan berada posisi kedua dengan mengantongi 26.500 suara, lalu disusul PAN dengan total perolehan suara 20. 406.

Sosok Ekti Imanuel menjadi aktor penting mendongkrak posisi teratas partai Gerindra dengan berhasil memperoleh suara pribadi terbanyak 22.540, dan kembali mengunci kursi legislatif di Karang Paci.

Hal itu mengubah komposisi kursi legislatif wakil Hulu Mahakam di Karang Paci kini berubah. Dua wajah baru dan satu wajah lama. Sementara dua pengganti gerbong kursi “banteng” adalah Abdul Rahman Agus (PAN) dan Yonavia kader PDI Perjuangan asal Kubar. Sebelumnya di duduki Marthinus dan Veridiana Huraq Wang dari PDI Perjuangan.

Masuknya dua nama baru tersebut membuat komposisi kursi di DPRD Kaltim lebih berwarna, tak melulu dominan merah. Meski diakui sebelumnya Dua kursi untuk dapil Kaltim 5 wilayah Kubar-Mahakam Ulu ini dikuasai banteng moncong putih.

Berdasarkan data hasil pleno KPU Kubar dan Mahakam Ulu, pada Pileg 2024, Ekti Imanuel berhasil mendominasi suara terbanyak, yakni 30.279 total perolehan suara partai. Berhasil unggul dari suara PDI Perjuangan yang mengantongi 26.500 suara, berada pada posisi kedua setelah PAN dengan total perolehan suara 20. 406.

“Ucapan terima kasih ke masyarakat Kubar dan Mahulu sudah memilih Partai Gerindra dan saya, untuk terpilih kembali menjadi anggota DPRD Provinsi Kaltim periode 2024-2029,” ucap Ketua DPC Gerindra Kubar, Ekti Imanuel kepada media ini. Sementara perolehan suara pribadi 22.540.

Jika berkaca pada hasil pileg sebelumnya, perolehan suara Dapil 5 (Kubar-Mahulu) posisi Gerindra berada urutan kedua dengan perolehan 15.908 suara dari PDI-P 37.418 suara. Kemudian Golkar 9.245, NasDem 6.495, PKS 3.402, PPP 3.052, PAN 5.229 dan Hanura 6.801 suara.

“Hasil sekarang tentu memberi sinyal baik bagi Gerindra ke depannya. Khususnya di Kubar dan Mahulu. Ada sinyal baik untuk membangun dua daerah Hulu Mahakam ini bagi saya. Itu terbukti dari perolehan suara yang signifikan sekarang, terus naik,” ucap Ekti.

Tidak hanya itu, Ekti yang selama ini diketahui memiliki kedekatan emosional dengan kalangan muda pun sukses membawa kader muda Gerindra bersinar di perebutan kursi DPRD Kubar, dengan memperoleh tiga kursi untuk seluruh dapil.

Dapil Kubar 1, Abram Christ Ernez yang juga keponakan Ekti sukses berada di kursi DPRD Kubar untuk periode 2024-2029. Kemudian, Bendahara DPC Gerindra Kubar, Sadli. Menang di kandang. Yaitu Dapil Kubar 2, wilayah yang dominan pesisir Sungai Mahakam. Dapil Kubar 3 diduduki Seppe M.

Penulis : Lukman Hakim