Pemkab Kutai Karatanegara

Balikpapan dan Bontang Kota Paling Bersih Se-ASEAN

Nasional, Siberkaltim.id – Dua kota di Kalimantan Timur (Kaltim) kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Kota Balikpapan dan Bontang berhasil mendapatkan penghargaan “5th ASEAN ESC Award and the 4th Certificate of Recognition” yang diselenggarakan oleh ASEAN sebagai kota yang telah melakukan upaya pembangunan berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Penghargaan sebagai kota paling bersih se-ASEAN itu digelar di Auditorium Manggala Wanabakti Jakarta, Kamis (21/10/2021). Acara dihadiri oleh Sekjen ASEAN dan Menteri Lingkungan Hidup se-ASEAN.

Kota Balikpapan mengulang suksesnya di tahun 2014 dengan meraih juara pada 3rd ASEAN ESC. Bahkan sat itu Balikpapan menyabet semua kategori, yakni clean land, clean water dan clean air sehingga Balikpapan menjadi Kota Terbersih di ASEAN.

“Kita ucapkan selamat kepada Kota Balikpapan. Untuk kedua kalinya sukses mewakili Indonesia menjadi yang terbaik sebagai kota paling bersih di ASEAN,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur H. Encek Ahmad Rafidin Rizal usai mewakili Gubernur Kaltim pada acara tersebut, Kamis (21/10/2021).

Kebanggan Kaltim tidak hanya Kota Balikpapan, karena Kota Bontang juga meraih penghargaan malam itu.

“Kota Bontang meraih Certificate of Recognition – Clean Land kategori Small Cities atau kota kecil. Kita ucapkan selamat juga kepada Kota Bontang,” imbuh Rizal.

Dia mengimbau agar kota-kota lain di Kaltim termotivasi untuk meraih kesuksesan yang sama. Caranya tentu harus mampu menciptakan kota yang bersih, rapi, indah dan nyaman dengan dukungan penuh masyarakat dan regulasi yang konsisten dalam penerapannya.

Award ESC ini diterima oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas’ud dan Wali Kota Basri Rase. Penghargaan diserahkan langsung Sekjen ASEAN Lim Jock Hoi dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.

Secara kseluruhan, ada tiga kota di Indonesia mendapatkan penghargaan dari ASEAN. Balikpapan mendapatkan penghargaan kategori Environmentally Sustainable Cities (ESC Award). Bontang untuk kategori kota kecil dengan lahan bersih atau clean land sedangkan Surabaya dalam kategori kota besar dengan air bersih atau clean water.

ASEAN ESC Award and Certificate of Recognition sendiri merupakan salah satu program kerjasama ASEAN di bawah koordinasi ASEAN Working Group on Environmentally Sustainable Cities (AWGESC).

Tujuan program itu adalah mendorong semakin bertumbuhnya kota-kota berkelanjutan di ASEAN dengan memberikan pengakuan dan apresiasi kepada kota yang telah melakukan berbagai inisiatif dan upaya untuk mewujudkan hal tersebut. 

(Redaksi Siberkaltim)