Cloud Hosting Indonesia

Waspada, DBD Meningkat

  • Bagikan

JAGA KESEHATAN: Musim hujan membuat nyamuk pembawa penyakit DBD meningkat. Warga diminta jaga kebersihan.

Siberkaltim.id– Kasus demam berdarah dangue (DBD) mulai meresahkan masyarakat Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat (Kubar) pada khususnya. Tingginya curah hujan, harus menjadikan kewaspadaan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kubar Ritawati Sinaga meminta, agar masyarakat menjaga lingkungan yang tetap bersih. Kemudian, melakukan 3 M yakni menguras menutup dan mengubur. Selain itu membunuh jentik nyamuk di dalam bak, bisa menuangkan abate, dan disesuaikan aturan penggunannya. “Cara lain bisa melakukan fogging (pengasapan),” kata mantan Pimpinan Puskesmas Melak.

Pentingnya permintaan Diskes Kubar ini, menyusul mulai meningkatnya jumlah pasien DBD di Kubar. Hal ini diakui Alsiyus, tokoh masyarakat yang berdomisili di Kelurahan Simpang Raya, Kecamatan Barong Tongkok. Dia menyebutkan, sudah dua orang yang terserang DBD. Pada Desember 2022 lalu, putrinya. Kemudian awal Januari 2023, keponakannya. Muncul kekhawatiran, akan merambah kepada anggota keluarga lainnya.

Mencegah penyebaran nyamuk penyebab DBD, kata dia, sudah meminta pimpinan puskesmas dan Diskes Kubar untuk melakukan fogging di lingkungan kediamannya. “Terima kasih kepada puskesmas dan dinas kesehatan yang sudah melakukan fogging, semoga nyamuk penyebab DBD sudah musnah,” harap Alsiyus.

Sementara itu, M Japri, warga Kampung Muara Beloan, Kecamatan Muara Pahu terpaksa merujuk putri bungsunya ke RSUD Aji Muhammad (AM) Parikesit Tenggarong, Kutai Kartanegara. Hal ini disebabkan, putrinya terserang DBD, setelah mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD Harapan Insan Sendawar. “Putri saya terserang DBD. Yang memprihatinkan trambositnya terus menurun. Tapi syukur setelah menjalani perawatan di sini (RSUD AM Parikesit) sudah mau makan banyak. Mudah-mudahan bisa segera pulih,” harap Japri. Dia mengaku, tujuan awal rujukan ke RSUD A Wahab Sjahranie, Samarinda. Namun diinformasikan pasien penuh. Sehingga rujukannya dialihkan ke RSUD AM Parikesit. (ton)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *