Cloud Hosting Indonesia

Lagi, Pemkab Kubar Berhasil Meraih Opini WTP Ketujuh

  • Bagikan

Samarinda, Siberkaltim.id – Untuk kesekian kalinya, Pemerintah Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mempertahankan gelar prestasinya, dengan sukses meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Kubar tahun 2021. 

Prestasi tersebut terbilang moncer dan selalu mulus dalam perjalanannya menuju raihan tersebut. Bagi dua orang penting ini, FX Yapan dan Edyanto Arkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kubar sudah menunjukkan prestasinya dalam memimpin Kubar sejak 2016 hingga sekarang. 

“Opini WTP kali ini merupakan yang ketujuh kalinya secara berturut-turut didapat oleh Pemkab Kubar selama kepemimpinan kami berdua bersama Pak FX Yapan selaku Bupati Kubar sejak tahun 2016,” ujar Wabup Kubar Edyanto Arkan, saat menghadiri acara penyerahan LHP BPK RI atas LKPD Kubar Tahun 2021 di Kantor BPK RI Perwakilan Kaltim, Jalan M. Yamin, Samarinda, Jumat (13/5/2022).

Turut mendampingi orang nomor dua di Kubar itu menghadiri acara, yaitu Ketua DPRD Kubar Ridwai, Inspektur Kabupaten Kubar, Robertus Bellarminus Belly Djuedi Widodo, Kepala BKAD Kubar Sahadi beserta pejabat lainnya.

Baca Juga Ribuan Pasutri di Kubar Ternyata Tak Diakui Negara alias Kawin Siri

Bagi Wabup, torehan prestasi yang didapat itu tak membawa dirinya bersama bupati FX Yapan jumawa dalam meneruskan roda pemerintahan yang sudah dituangkannya dalam misi ketiga Pemkab Kubar, yakni meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan akuntabel.

“Kami mengapresiasi kinerja dan kerja keras DPRD Kubar dan perangkat daerah, sehingga Kubar bisa meraih kembali opini WTP untuk yang ketujuh kalinya secara berturut-turut,” katanya.

Tak lepas dari itu, ia pun mengucapkan terima kasih kepada BPK RI, karena telah menunaikan tugas secara optimal. 

Seluruh masukan dan hasil koreksi akan segera ditindaklanjuti dalam waktu 60 hari kedepan.

“Kami mohon maaf apabila ada hal yang kurang berkenan selama melaksanakan atau audit terhadap penyelenggaraan keuangan Pemkab Kubar, di Kubar,”ucapnya.

Menanggapi pernyataan itu, Kepala BPK RI Perwakilan Kaltim, Dadek Nandemar juga memberikan apresiasinya kepada dua lembaga penting, yakni DPRD Kubar dan Pemkab Kubar beserta jajarannya atas kerjasama yang terjalin dengan baik.

Baca Juga Tipu-tipu Transaksi Palsu Jual Beli Emas, Wanita di Kota Tepian Diringkus Polisi

Sehingga secara bersama-sama selalu berusaha dan berkomitmen untuk mendukung penyelenggaraan pengelolaan keuangan negara yang transparan dan akuntabel

“Selamat untuk Kubar kembali meraih opini WTP untuk ketujuh kalinya secara berturut-turut dari tahun 2015 sampai 2021,” ucapnya.

Dengan segala rasa syukur dan bangga itu, Ketua DPRD Kubar Ridwai melakukan menyampaikan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, bahwa Kubar kembali mendapatkan opini WTP ketujuh berturut-turut. Ini semua adalah kerja keras dan kerjasama seluruh jajaran di lingkungan Pemkab Kubar, dari DPRD, Setkab,  inspektorat, BKAD dan semua perangkat daerah (PD).

“Kalau tidak ada kerjasama, tidak mungkin akan mendapatkan penghargaan tersebut. Mempertahankan penghargaan itu, lebih sulit. Ini merupakan tantangan lebih besar ke depannya. Opini WTP ini diharapkan terus dipertahankan,” ujarnya.

(Redaksi Siberkaltim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.