Pemkab Kutai Karatanegara

Pemdes Saliki Jajaki Potensi Kembangkan Kawasan Mangrove Jadi Destinasi Wisata

FOTO: Kawasan mangrove di Desa Saliki akan dikembangkan jadi destinasi wisata.

KUKAR, Siberkaltim.id – Kawasan mangrove di Desa Saliki, Kecamatan Muara Badak hendak dijadikan destinasi wisata unggulan oleh pemerintah desa. Kawasan ini sebelumnya merupakan Pusat Informasi Mangrove dan kini dikelola oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur.

Kepala Desa Saliki, Saliansyah mengatakan jika sekarang pihak desa telah mengadakan komunikasi dengan pihak provinsi untuk merencanakan pengelolaan kawasan mangrove ini. Mereka berharap dapat menjadikan kawasan mangrove tersebut sebagai destinasi wisata yang menarik dan memberikan manfaat lebih bagi masyarakat sekitar.

“Kami berencana mengelola kawasan ini melalui Badan Usaha Milik Desa. Kami juga membutuhkan dukungan dari Pemerintah Kabupaten dan swasta untuk melakukan renovasi dan pengembangan,” kata Saliansyah, Minggu (19/11/2023).

Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwa pengelolaan kawasan mangrove tersebut menjadi destinasi wisata memang tidak mudah. Pasalnya prosesnya melibatkan banyak pihak dan urusan administrasi yang cukup kompleks.

Sebab, kawasan mangrove di wilayah desa yang ia pimpin, adalah daerah konservasi dalam perlindungan pemerintah. Terlebih lagi fungsi kawasan mangrove itu kian vital, sebab digunakan sebagai antisipasi abrasi bibir pantai di wilayah desa.

Oleh sebab itu, Saliansyah mengatakan gagasan mereka untuk membangun objek wisata tetap harus sejalan dengan program pelestarian mangrove, sehingga harus ditangani dengan hati-hati. Walau demikian, pihaknya tetap optimis kawasan mangrove itu ke depan akan menjadi wisata unggulan.

“Kami juga berharap bisa memberikan dampak baik bagi desa kami,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)