Pemkab Kutai Karatanegara

Workshop Transformasi Digital di Kukar, Faisal : Perluas Jangkauan Komunikasi Publik

FOTO: Kadiskominfo Kaltim, HM Faisal (tengah).

KUKAR, Siberkaltim.id – Workshop Transformasi Digital bertajuk Tata Kelola Kemitraan Komunikasi Publik digelar di Gedung Serbaguna Kantor Bappeda Kukar, selama dua hari sejak Selasa (10/10/2023) hingga Rabu (11/10/2023).

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Diskominfo Provinsi Kaltim, Muhammad Faisal didampingi pejabat di lingkup Pemkab Kukar. Dalam acara itu, Faisal berharap pelatihan interaktif tersebut dapat mempercepat proses transformasi digital di Benua Etam, khususnya di Kukar.

Mengingat pentingnya akselerasi transformasi digital ini juga diharapkan dapat dikelola secara tepat dan benar dengan berbasis pada komunitas dalam kelompok informasi masyarakat di daerah. 

Sehingga dengan begitu, kata Faisal akan berdampak pada percepatan pertumbuhan dan peningkatan komunitas. Bahkan ia menyebut sudah saatnya fokus pada digitalisasi pada era sekarang.

“Dengan penyebaran masyarakat yang luas secara geografis, digital lah yang membantu kita untuk memperluas jangkauan komunikasi publik kita,”terang Faisal.

Dengan adanya platform digital kemitraan berupa instalasi website yang dirancang khusus bagi KIM, website KIM.id dapat dioptimalkan.

Dirinya juga meminta agar transformasi digital melalui web, nantinya didukung pula dengan penguatan media sosial. 

“Mari kita perkuat lagi penggunaan web, namun juga tetap kita barengi dengan diseminasi informasi melalui media sosial sehingga semua informasi dapat terintegrasi. Bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih cerah dan informatif untuk Kalimantan Timur,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Kukar melalui Staf Ahli Bupati Kukar, Ahyani, mengajak Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) untuk meningkatkan kolaborasi dengan pemerintah. 

“Bupati berharap kolaborasi antara KIM dengan pemerintah bisa semakin erat untuk memajukan ekonomi digital di Kukar,” kata Ahyani.

Workshop Transformasi Digital ini dihelat untuk mempercepat program transformasi digital dan mendorong peningkatan pengetahuan teknologi informasi dan komunikasi untuk Komunitas Informasi Masyarakat (KIM).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini bertemakan “Sosialisasi Pemanfaatan Platform Digital Kemitraan Bagi Komunitas Informasi Masyarakat (KIM) Se-Kaltim”.  (Adv/Diskominfo Kukar)