Pemkab Kutai Karatanegara

Menara Tuah Himba, Ikon Baru Kota Tenggarong

FOTO: Menara Tuah Himba.

KUKAR, Siberkaltim.id – Ibu Kota Kabupaten Kukar, Tenggarong bakal segera punya ikon baru. Diberi nama ‘Menara Tuah Himba’ terletak persis di samping Jembatan Tenggarong.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kutai Kartanegara (Kukar), Wiyono menungkapkan bahwa pembangunan Menara Tuah Himba telah selesai.

Proyek ini telah melalui serangkaian uji coba pengoperasian pada akhir September 2023 yang melibatkan Bupati Kukar, Edi Damansyah.

Dalam hasil uji coba tersebut, beberapa penambahan sistem operasi disarankan, termasuk peningkatan daya listrik agar permainan lampu tematik dan air mancur dapat berjalan lancar.

Wiyono yakin bahwa Menara Tuah Himba yang menggantikan patung naga yang pembangunannya terhenti selama beberapa tahun, akan menjadi ikon baru Kabupaten Kukar.

Lokasinya yang strategis, tepat di samping Jembatan Kukar, membuatnya menjadi daya tarik bagi setiap orang yang memasuki pusat ibu kota kabupaten.

“Target Bupati Kukar, Edi Damansyah, pada tahun baru ini Menara Tuah Himba akan dioperasikan sepenuhnya,” ucap Wiyono.

Bupati Kukar, Edi Damansyah, berharap pembangunan Menara Mahkota Tuah Himba di kawasan Central Business District (CBD) dekat Jembatan Kutai Kartanegara sisi Tenggarong akan selesai sepenuhnya pada Desember 2023.

Dia meninjau proyek tersebut dan menyatakan bahwa Menara Mahkota Tuah Himba hanyalah salah satu dari berbagai proyek pembangunan yang bertujuan untuk mempercantik Kota Raja Tenggarong.

Selain Menara Mahkota Tuah Himba, akan dibangun pusat kuliner dan pujasera untuk memfasilitasi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Tenggarong.

Rencananya, juga akan ada proyek-proyek lain seperti Pasar Seni, taman di beberapa titik, dan eks pemukiman Tanjong.

Semua proyek ini bertujuan untuk mempertahankan predikat bersih, rapi, dan indah kota Tenggarong serta memberikan dukungan kepada para pelaku UMKM di daerah tersebut. (Adv/Diskominfo Kukar)