Pemkab Kutai Karatanegara

Aplikasi Becik Buatan Bappeda Kukar Mulai Dijalankan di Tenggarong Seberang

FOTO: Kegiatan Bimtek aplikasi Becik buatan Bappeda Kukar.

KUKAR, Siberkaltim.id – Pegawai di Kecamatan Tenggarong Seberang mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan aplikasi bernama “Becik”. Aplikasi tersebut merupakan sistem pendataan yang terintegrasi antara keperluan sebuah data berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah.

Aplikasi Becik ini dikembangkan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar. Bimtek tersebut menghadirkan penggagas aplikasi Becik, sekaligus tim IT dari Bappeda Kukar, Yhudha Juwono.

“Aplikasi Becik merupakan sistem pendataan yang terintegrasi antara keperluan sebuah metadata berdasarkan tugas dan fungsi perangkat daerah,” kata Sekretaris Camat Tenggarong Seberang, Hendra Suryana, Senin (23/10/2023).

Aplikasi ini menjabarkan tugas dan fungsi jabatan di dalam masing-masing perangkat daerah. Selanjutnya, mendistribusikan data-data tersebut ke kecamatan, desa dan kelurahan, hingga Rukun Tetangga (RT).

Aplikasi Becik yang dijalankan seluruh sektor seksi di Kecamatan Tenggarong Seberang, juga memiliki fungsi lebih. Di antaranya, terdapat sumber data dari sektor pertanian dan peternakan, sektor kesehatan dari Puskesmas, sektor pendidikan dari UPT Disdikbud Kukar, sektor perkebunan dan sektor keagamaan dari KUA.

“Semua data terpusat pada Command Center kecamatan (Tenggarong Seberang),” ungkapnya.

Agar pengoperasian aplikasi ini berjalan lancar, Rabu, 18 Oktober 2023 lalu, Kecamatan Tenggarong Seberang mengadakan bimbingan teknis kepada operator di kecamatan. (Adv/Diskominfo Kukar)