Pemkab Kutai Karatanegara

Jadi Irup Pemakaman Jenazah Veteran, Wabup Mahulu Sampaikan Duka Mendalam

Siberkaltim.id – Penghormatan terakhir bagi Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu) kepada mendiang Sersan Mayor (Serma) Purnawirawan (Purn) Antonius Lun Gun (AD), salah satu mantan anggota TNI AD dari Mahakam Ulu

Wakil Bupati (Wabup) Yohanes Avun bertindak sebagai inspektur upacar (Irup) dalam upacara pemakaman milite di rumah duka Kampung Long Bagun Ulu, pada Jumat (11/11/2022). 

Upacara diawali dengan pelepasan jenazah oleh pihak keluarga kepada Koramil 0912/03 Long Bagun. Kemudian ertindak sebagai Komandan Upacara Komandan Kompi (Danki) SSK IV Satgas Pamtas RI-Malaysia dari Satuan Yonarmed 5/Pancagiri Kapten Arm. Dhestya Hendha dengan Perwira Upacara Danramil Long Bagun Kapten Infanteri Rahman Sahanung, mewakili Dandim Kutai Barat.

Tampa hadir selain Wabup dalam upacara, Sekretaris Daerah Stephanus Madang, Ketua TP. PKK Yovita Bulan Bonifasius, Asisten I drg. Agustinus Teguh Santoso, serta sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) badan, bagian, kantor, di lingkungan Pemkab Mahulu untuk menyaksikan proses pemakaman tersebut. 

Bupati Bonifasius Belawan Geh dengan sambutannya berucap. Kepulangan mendiang adalah duka mendalam juga bagi kami, dengan penuh rasa dukacita mendalam segenap masyarakat Mahulu berkabung atas wafatnya Sersan Mayor Pur. Antonius Lung Gun.

“Kita masyarakat Mahulu telah kehilangan seorang tokoh pejuang dan seorang ayah dari keluarga panutan. Kita hadir di sini, untuk memberikan penghormatan yang terakhir kepada beliau. Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan negara dan pemerintah atas jasa dharma bakti serta pengabdian alamarhum kepada negara dan bangsa semasa hidupnya,” kata bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan wabup.

Wabup mengajak seluruh masyarakat untuk mengucapkan terima kasih dan penghormatan yang tinggi atas dharma bhakti mendiang kepada bangsa dan negara.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Mahulu untuk mendoakan mendiang, semoga semua kesalahannya diampuni oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, dan diterima dan diberikan tempat yang terbaik di Sisi Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan amal, ibadah, perjuangan dan pengabdiannya kepada negara Republik Indonesia,” tutur Wabup.

Menanggapi ucapan belasungkawa tersebut, Liah Jiu selaku perwakilan keluarga pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat mulai dari perawatan hingga prosesi pemakaman

“Kami dari pihak keluarga mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah daerah, Puskesmas Long Pahangai, RS GSM dan HIS Sendawar, yang mana dalam rentetan perjalanan beliau selama menjalani perawatan medis. Sehingga pada hari ini kita dihadapkan pada sebuah kabar duka beliau meninggal dunia,” imbuhnya. (adv)