Pemkab Kutai Karatanegara

Tumpah Ruah! Ribuan Masyarakat Penuhi Ruas Jalan Kota Samarinda Meriahkan Pawai Pembangunan 2022

Suasana Pawai Pembangunan dan Karnaval Budaya Nusantara Tahun 2022 di Taman Samarendah, Kota Samarinda. (Foto: Istimewa)

Samarinda, Siberkaltim.id – Puluhan ribu masyarakat terpantau menyaksikan iringan ribuan peserta Pawai Pembangunan dan Karnaval Budaya Nusantara Tahun 2022 yang diselenggarakan Pemerintah Kota Samarinda, Sabtu (20/8/2022) pagi.

Setelah tiga tahun tidak menggelar kegiatan yang sangat luar biasa pada hari ini karena adanya pandemi Covid-19, masyarakat Kota Samarinda mulai dari anak-anak hingga orang dewasa terlihat antusias pada perayaan pawai pembangunan tahun ini.

Ratusan kelompok peserta mulai dari pelajar, instansi pemerintahan, forkopimda, komunitas dan kelompok masyarakat turut memeriahkan Pawai Pembangunan dan Karnaval Budaya Nusantara Tahun 2022 dalam rangkaian HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Gubernur Isran Noor pun hadir tak mau ketinggalan menyaksikan iringan peserta pawai yang menghiasi jalan-jalan Kota Samarinda didampingi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi, Ketua DPRD Kalimantan Timur Makmur HAPK, Wali Kota Andi Harun dan Wakil Wali Kota Rusmadi Wongso.

Orang nomor satu Benua Etam itu terlihat senang menyaksikan pawai pembangunan yang sudah lama tidak diselenggarakan sekitar tiga tahun ini. “Setelah tiga tahun tidak melihat pawai perjalanan dan pawai mobil. Hari ini kita bisa menyaksikannya lagi,” ucapnya, di Taman Samarendah, Kota Samarinda.

Pria kelahiran Sangkulirang itu mengaku akan memaklumi beberapa ruas jalan bakal dipadati masyarakat yang sangat antusias terhadap penyelenggaraan pawai pembangunan. “Nggak apa-apa hari ini kita macet-macet dulu lah,” katanya.

Akan tetapi, ia juga mengimbau masyarakat untuk tetap menjaga ketertiban selama berlangsungnya konvoi pada hari ini agar tidak terjadi hal yang merugikan. “Nggak apa-apa duduk dipinggir jalan, asal nggak di tengah jalan nanti ditabrak peserta konvoi,” imbaunya.

Dimomen yang berbahagia itu, Gubernur Isran Noor juga mengucapkan terima kasih dan mendoakan kesehatan masyarakat Kaltim. “Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang tetap sehat, saya minta untuk tetap menjaga kesehatan, betul-betul,” pintanya.

Selain itu, ia juga bersyukur karena bangsa Indonesia sudah Merdeka dari penjajah Belanda dan Jepang selama 77 tahun. “Maka dengan menikmati Kemerdekaan 77 tahun RI, untuk Provinsi Kaltim dan khususnya Kota Samarinda, saya ucapkan terima kasih,” ungkapnya.

Selama berlangsung konvoi pawai pembangunan, masyarakat juga diminta untuk tidak membuang sampah disembarang tempat. Sebaiknya menjaga kebersihan untuk merawat Kota Samarinda yang selama ini sudah melakukan sejumlah perubahan. Jadilah masyarakat yang mau berubah untuk bangkit lebih kuat.

Adapun rute pawai pembangunan 2022 yang dimulai start dari Jalan Kesuma Bangsa, Bhayangkara, Taman Samarendah, Awang Long, Jenderal Sudirman, Pasar Pagi, Pangeran Diponorogo, Imam Bonjol, Basuki Rahmat, KH Agus Salim dan finish kembali ke Jalan Kesuma Bangsa.

(Redaksi Siberkaltim)