Cloud Hosting Indonesia

Gelar Sosper, M. Udin Ajak Peran Aktif Masyarakat Perangi Narkoba

  • Bagikan

PARIWARA, Anggota DPRD Provinsi Kaltim, Muhammad Udin kembali menggelar Sosialisasi Perda (Sosper). Sebagai politisi peduli generasi muda, Udin mensosialisasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Fasilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika.

Sosper kali ini digelar di Kampung Linggang Purworejo, Kecamatan Tering pada Jumat (29/07/2022) pagi. Kegiatan sosper yang dihadiri lebih dari 100 peserta tersebut terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan warga setempat.

Udin membeberkan angka penyalahgunaan narkoba di Kaltim yang tinggi dan mengkhawatirkan. Karena itulah menjadi perhatian pemerintah, sehingga melatarbelakangi kegiatan sosper ini dilakukan.

Perda ini nemiliki peran penting terutama untuk memerangi peredaran narkotika di tengah masyarakat. Peran serta masyarakat bisa melaporkan kepada lembaga terkait seperti Badan Narkotika Kabupaten (BNK) maupun kepolisian jika ditemukan adanya dugaan tindak pidana narkotika

“Perda ini merupakan salah satu langkah untuk menyelamatkan generasi muda penerus bangsa dari bahaya penyalahgunaan narkoba yang terus meningkat,” jelas anggota Komisi I DPRD Kaltim itu.

Pemerintah memberikan upaya rehabilitasi bagi pecandu narkoba yang ingin disembuhkan. Polisiti muda Partai Golkar itu menjelaskan tahapan bagi siapa saja yang ingin menjalani proses rehabilitasi sampai sembuh.

Nantinya calon pasien akan menjalani rehabilitasi di Balai Rehabilitasi Tanah Merah, Samarinda. Tahapan awalnya cukup dengan melaporkan diri atau didampingi keluarganya ke BNK Kubar.

“Kalau ada sanak saudara atau warga kita yang pecandu yang ingin kesembuhan, laporkan kepada kami dan akan direhab secara gratis sampai sembuh. Saat ini lokasinya baru di Balai Rehabilitasi Narkoba di Tanah Merah, Samarinda,” jelas Udin.

Dukungan keluarga maupun lingkungan sekitar sangat penting khususnya dalam upaya menyelamatkan generasi muda dari pengaruh negatif narkotika dan zat adiktif (napza). Generasi muda sekarang imbuh Udin harus lebih banyak mengisi waktu dengan kegiatan positif.

“Kita harus dukung penuh kegiatan-kegiatan anak-anak kita selama itu bermakna positif,” pungkas Udin (*)

Penulis: Fitra Mayca

Editor: Lukman Hakim

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *