Pemkab Kutai Karatanegara

TCM-BEK Konsen Kembangkan SDM Lokal

Kubar, Siberkaltim.id – Sebanyak 24 calon tenaga kerja lokal mengikuti program pemagangan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kutai Barat (Kubar). Adapun perusahaan pertama yang berpartisipasi menjalankan program ini yaitu grup perusahaan tambang batubara PT. Trubaindo Coal Mining dan PT. Bharinto Ekatama (TCM-BEK).

Kepada media ini, HR Manager Melak Group, Dwityo Trisno mengatakan, program besutan Disnakertrans Kubar dan Provinsi ini dilaksanakan selama enam bulan, hingga November 2022 mendatang.

Sesuai dengan pelatihan yang ada, bidang-bidang yang dijadikan pilihan adalah administrasi, mekanik dan teknik kimia. Setelah menyelesaikan program magang, kata Dwityo, perusahaan tak menutup mata jika ada di antara peserta yang berkompeten dengan skill yang dibutuhkan perusahaan. “Kalau semua peserta magang berhasil memiliki skill yang dibutuhkan, apa boleh buat, tentu kita rekrut,” terang Dwityo.

Sebab, kata dia, perusahaan dalam mendukung program kerja pemerintah merupakan bukti nyata yang diwujudkan. Fokusnya adalah meningkatkan kompetensi SDM lokal melalui tataran profesional, sehingga dapat mengasah kemampuan dan etika untuk bekal menghadapi dunia kerja.

Adapun kegiatan yang dilakukan sebelum terjun ke dunia kerjanya, para peserta diharuskan mengikuti outbond program sebagai penilaian awal bagi masing masing peserta. “Dan nanti di akhir juga akan ada penilaian untuk semua peserta,” terang GR Relation PT. TCM-BEK, Kristinawati, Jumat (3/6/2022) di sela memimpin kegiatan outbond di Arena Outbond Melak Grup.

Kepala Disnakertrans Kubar, Silan berharap program inisiasi pihaknya bersama Provinsi tersebut dapat berjalan lancar dan sesuai harapan. Artinya bisa secara kontinyu atau berkelanjutan. Ia pun memastikan, jika peserta magang merupakan murni lulusan SMK sederajat.

“Peserta juga dibekali uang saku dari pemerintah sebesar Rp 1 juta tiap bulannya. Selebihnya kita serahkan kepada perusahaan masing-masing mengenai fasilitas lainnya kepada mereka,” ungkap Mantan Camat Jempang ini saat dihubungi wartawan. (adv)