Pemkab Kutai Karatanegara

Bikin Geger! Buaya 3,5 Meter Masuk Rumah Warga di Kutim Saat Banjir

Kutim, Siberkaltim.id – Warga di Kutai Timur (Kutim) digegerkan dengan seekor buaya berukuran 3,5 meter masuk ke salah satu rumah warga saat kondisi banjir. Para warga yang mengetahui itu langsung melakukan evakuasi.

“Awalnya buaya itu ditemukan warga sudah di dalam rumah, waktu mau ditangkap buaya itu masuk kedalam WC, Karena posisi lagi banjir jadi buaya kesitu yang air banjirnya agak dalam,” jelas Saiful Anwar Danpos Pemadam Kebakaran Bengalon dilansir Detikcom, Kamis (5/5/2022).

Kemunculan buaya tersebut terjadi di rumah warga yang bersebelahan dengan sungai tepatnya di Desa Sepaso, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutim pada Selasa malam (3/5). Karena takut memangsa ternak dan warga, warga pun berinisiatif melakukan penangkapan terhadap buaya tersebut.

“Iya, kita tangkap malam itu juga di dalam rumah warga, jadi saat penangkapannya kita gunakan tali prosesnya kurang lebih satu jam,” terangnya.

Saat proses penangkapan, Saiful menerangkan warga kesulitan lantaran kondisi rumah sedang banjir setinggi lutut orang dewasa.

“Mungkin ada satu RT warga yang ikut menangkap, soalnya kondisi banjir dan banyak warga yang ikut menonton,” bebernya.

Usai di evakuasi, buaya 3.5 meter itu langsung di bawa warga ke kantor polisi untuk dititipkan sementara untuk selanjutnya diserahkan ke pihak BKSDA Kaltim.

“Kita bawa menggunakan mobil pikap ke kantor polisi untuk diamankan, untuk diserahkan ke BKSDA Kaltim,” pungkasnya.

(Redaksi Siberkaltim)