Pemkab Kutai Karatanegara

Siapkan SDM Parekraf Unggul, Dispar Kaltim Kunjungi Semayang dan Muara Enggelam

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim, Sri Wahyuni (kanan) saat kunjungan ke Muara Enggelam. (Foto: Dispar Kaltim)

Kutai Kartanegara, Siberkaltim.id – Kalimantan Timur (Kaltim) terus memoles sektor pariwisatanya di era next normal. Desa Semayang dan Muara Enggelam yang terletak di Kecamatan Kenohan dan Kecamatan Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) merupakan daerah kawasan wisata yang masuk dalam program pengembangan destinasi 3 danau di Kaltim tahun 2022.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim dipimpin oleh Kepala Dinasnya, Sri Wahyuni bersama rombongan menyusuri anak sungai mahakam di Desa Pela menuju Desa Semayang pada Jum’at (11/03/2022) dan Muara Enggelam pada Sabtu (12/03/2022) seperti dilansir Instagram resmi Dispar Kaltim.

Pada kesempatan kali ini Dispar Kaltim melakukan survei dan mendata masyarakat yang ingin menjadikan rumah tinggal mereka menjadi homestay, serta memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai Sadar Wisata dan Sapta Pesona.

Mantan Kadispar Kab. Kukar ini memberikan motivasi kepada masyarakat mengenai pandangan mereka tentang desa wisata serta menjalin komitmen bersama masyarakat untuk menjadikan Desa Semayang dan Desa Muara Enggelam di danau Semayang menjadi Desa Wisata.

Ke depan Dispar Kaltim akan melakukan program peningkatan kapasitas sumber daya manusia melalui pelatihan 6 paket kegiatan, yaitu Sadar Wisata dan Sapta Pesona, Bimbingan Teknis Homestay, Pelatihan Penyajian Kuliner, Pelatihan Service Excellence & Hospitality serta Workshop Musik dan Tari.

“Masyarakat dan pemerintah desa diharapkan mampu bekerjasama dalam menjalankan program-program yang bertujuan menguatkan dan menjadikan Desa Wisata guna mewujudkan SDM Parekraf yang unggul dan membangkitkan kembali perekonomian warga,” ujar Sri Wahyuni.

(Redaksi Siberkaltim)