Pemkab Kutai Karatanegara

Samarinda Festival 2022 Dibuka, Hidupkan Geliat Ekraf di Kota Tepian

Seremoni pembukaan Samarinda Festival 2022 oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun. (Foto: Klausa.co)

Samarinda, Siberkaltim.id Samarinda Festival 2022 yang digelar di halaman parkir GOR Segiri secara resmi dibuka oleh Wali Kota Samarinda Andi Harun, Jumat (24/3) malam.

Acara tersebut masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kota Samarinda ke-354 tahun dan HUT Pemkot Samarinda ke-62 tahun. Festival yang seharusnya terselenggara lebih awal ini sempat tertunda akibat melonjaknya kasus positif Covid-19 di Samarinda beberapa waktu lalu.

Digelar dengan tajuk dan semangat “Samarinda Berani Berubah”, Samarinda Festival menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif di Kota Tepian.

Dilansir situs resmi Pemkot Samarinda, Andi Harun dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan Samarinda Festival yang pertama dihelat ini akan menampilkan khazanah baik produk UMKM, industri kreatif, dan kuliner yang unik dan khas Kota Samarinda.

“Sehingga Samarinda Festival bisa menjelma menjadi representasi masyarakat Samarinda, serta menjadi event kebanggaan yang dapat dilaksanakan secara kontinyu di setiap tahunnya,” tuturnya.

Ia berharap, seluruh lapisan masyarakat, baik para seniman, budayawan, pemerhati, pelaku wisata dan masyarakat Kota Samarinda dapat menjadi satu kesatuan, dalam menyukseskan festival kali ini. Tak hanya itu, Batik Samarinda yang akan menjadi identitas baru Kota Samarinda turut diluncurkan pada festival ini. Dengan terbagi ke dalam 4 jenis motif bertemakan Sungai Mahakam.

“Diangkatnya tema sungai ini merupakan penghormatan kepada Sungai Mahakam, dan kehidupan didalamnya,” tandas orang nomor satu di Samarinda tersebut.

(Redaksi Siberkaltim)