Pemkab Kutai Karatanegara

Hore! Beasiswa Kaltim Kembali Dibuka

Ketua BPBKT Drs. Iman Hidayat. (Foto: Disdikbud Kaltim)

Samarinda, Siberkaltim.id – Mahasiswa dan pelajar di Kalimantan Timur (Kaltim) tahun ini kembali bisa mendapatkan beasiswa. Pendaftaran program Beasiswa Kalimantan Timur (BKT) resmi dibuka sejak 22 Maret hingga 21 Mei mendatang.

“Manfaatkan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya. Jangan disia-siakan. Kesempatan tidak datang dua kali. Karena itu, sekali ada kesempatan manfaatkan dengan baik,” kata Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim Sofia Rahmi di Ruang Kersik Luway Disdikbud, Selasa (22/3/2022).

Ketua Badan Pengelola Beasiswa Kalimantan Timur (BP-BKT) Iman Hidayat mengungkapkan tahun ini Pemprov Kaltim sudah mengalokasikan Rp 156,4 miliar dalam APBD murni 2022 untuk beasiswa Kaltim.

“Anggaran yang diperlukan seluruhnya sudah dialokasikan dalam APBD Murni 2022. Ini kebijakan Pak Gubernur agar di APBD murni disiapkan dengan jumlah yang besar,” sebut Iman.

Sementara mengenai berapa target penerima beasiswa, Iman Hidayat menjelaskan pihaknya tidak bisa menetapkan. Sebab tim verifikasi dan validasi masih akan menghitung penerima beasiswa disesuaikan dengan besaran uang kuliah tunggal (UKT/SPP) masing-masing calon penerima beasiswa.

Iman mengingatkan agar para pelajar dan mahasiswa lebih teliti dan jeli membaca petunjuk teknis (juknis) pendaftaran beasiswa Kaltim ini. Sebab banyak calon pendaftar gagal, akibat kurang cermat saat mengisi dan melengkapi form pendaftaran secara online.

Pendaftaran dan seluruh juknis bisa diakses melalui website BP-BKT yakni, beasiswa.kaltimprov.go.id.

“Pahami dahulu juknisnya. Jangan salah memilih kategori dan sesuaikan dengan kemampuan,” sebutnya.

Diketahui pada 2019 beasiswa Kaltim disalurkan sebanyak Rp 168,5 miliar. Tahun 2020 sebesar Rp 165,2 miliar dan tahun 2021 sebanyak Rp 163,1 miliar. Jumlah alokasi beasiswa Kaltim tahun ini masih akan bertambah jika ada penambahan dalam APBD perubahan. Beasiswa disiapkan dalam bentuk beasiswa stimulan dan tuntas.

Tercatat pada 2019 beasiswa Kaltim disalurkan sebanyak Rp 168,5 miliar, lalu tahun 2020 sebesar Rp 165,2 miliar dan tahun 2021 sebanyak Rp 163,1 miliar. Jumlah alokasi beasiswa Kaltim tahun ini masih akan bertambah jika ada penambahan dalam APBD perubahan. Beasiswa ini nantinya disiapkan dalam bentuk beasiswa stimulan dan tuntas.

(Redaksi Siberkaltim)