Pemkab Kutai Karatanegara

Anggaran Rp 46 Triliun Disiapkan Tahun Ini Untuk Bangun IKN di Sepaku

Wagub Kaltim Hadi Mulyadi (tengah) saat menyambut kunjungan Panglima TNI, Ketua DPR RI, Mendagri dan Menteri PUPR ke kawasan IKN. (Foto: Adpimprov Kaltim)

Nusantara, Siberkaltim.id – Pemerintah pusat akan menyiapkan gelontoran dana dengan anggaran sebesar Rp 46 triliun untuk membangun kawasan inti Ibu Kota Negara (IKN) di Sepaku tahun ini. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Hadi Mulyadi saat menerima kunjungan Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Mendagri Tito Karnavian dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ke kawasan IKN di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Menurut Hadi, ada sejumlah kabar gembira yang terungkap dari kunjungan kali ini. Seperti disampaikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kata Wagub Hadi, tahun ini pemerintah pusat telah menyiapkan Rp 46 triliun untuk pembangunan kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) di IKN.

“Alhamdulillah, tahun ini untuk infrastruktur awal sudah dianggarkan Rp 46 triliun. Insyaallah tahun-tahun berikutnya akan dianggarkan lagi secara bertahap,” ujar Hadi di Menara Pandang Bukit Soedarmono Sektor Terunen PT ITCI Hutani Manunggal (IHM), Rabu (16/2/2022).

Orang nomor dua di Benua Etam ini menilai setelah ditetapkannya UU IKN, progres pembangunannya terus bergerak positif. Karena itu, rencana pembangunan IKN ini harus mendapat dukungan masyarakat Kaltim.

Dukungan lanjut Hadi, seharusnya juga diberikan oleh seluruh warga Indonesia mengingat keseriusan Pemerintahan Presiden Joko Widodo mewujudkan pemindahan IKN ke Kaltim. 

Hadi menegaskan, IKN bukan hanya bermanfaat untuk Kaltim, tapi Indonesia secara luas. Pemindahan IKN, bukan hanya soal pindah ibu kota, tapi pemerataan pembangunan dari Jawa sentris menuju Indonesia sentris.

Wagub juga mencatat pesan penting yang disampaikan Ketua DPR Puan Maharani bahwa pemindahan IKN harus dilakukan secara bersama, tidak bisa hanya oleh pemerintah. Selain itu, pesan Panglima TNI juga menjadi catatan penting Wagub Hadi Mulyadi.

“Panglima TNI tadi mengatakan akan membangun Kodam khusus di IKN, sedangkan Mendagri Tito Karnavian akan fokus dengan Peraturan Presiden untuk menindaklanjuti UU IKN,” tambah Hadi.

(Redaksi Siberkaltim)