Pemkab Kutai Karatanegara

Squid Game, Serial Netflix Yang Jadi Trending

Gaya Hidup, Siberkaltim.id – Belakangan Squid Game, sebuah serial asal Korea Selatan (Korsel) menjadi trending dan menempati urutan teratas dalam berbagai platform tayangan streaming. Bahkan kini menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Squid Game merupakan serial televisi drama survival yang ditayangkan secara streaming di Netflix. Serial ini dibintangi oleh Lee Jung-jae, Park Hae-soo, O Yeong-su, Wi Ha-joon, Jung Ho-yeon, Heo Sung-tae, Anupam Tripathi, dan Kim Joo- ryoun.

Konsep ceritanya mirip seperti film Hunger Games dan Battle Royale, di mana seluruh pesertanya akan mempertaruhkan nyawa mereka. Hanya saja dalam Squid Game, peserta akan memainkan banyak game yang dirancang oleh para VIP. Dari 456 peserta yang bermain, pada akhirnya hanya akan ada satu orang pemenang yang selamat dan membawa hadiah 45,6 juta Won.

Sejumlah fakta yang membuat penonton penasaran pun terkuak. Mulai dari ide cerita hingga jalan cerita serial ini. Berikut fakta-fakta yang ada dalam serial Squid Game, dikutip dari CNBC Indonesia.

1. Terinspirasi dari Kehidupan Sang Sutradara

Serial yang tayang serentak pada 17 September 2021 di seluruh dunia ini, ternyata hasil dari inspirasi dari kehidupan sang sutradara. Selama konferensi pers untuk serial tersebut, sutradara asal Korsel Hwang Dong-huk memberitahu bahwa dirinya pertama kali menulis naskahnya pada tahun 2008.

Cerita dalam serial ini pun nyata, dialami olehnya, di mana Hwang pernah terlilit utang, seperti 456 peserta dalam film tersebut. Hal itu lantas membuatnya berpikir jika ada permainan seperti di film, pastinya dia akan ikut untuk mendapatkan hadiahnya.

2. Kesulitan Mencari Investor dan Aktor

Selain itu, Hwang menjelaskan bahwa dirinya telah rampung menyelesaikan skrip untuk Squid Game pada tahun 2009, namun sayang idenya tidak di respons baik oleh kalangan perfilman. Banyak orang yang merasa naskahnya terlalu asing, brutal, dan plotnya sulit dimengerti dan rumit. Oleh karena itu, tak mudah untuk mencari investor dan aktor pada waktu itu.

3. Squid Game adalah Serial Multi Genre

Apabila Marvel mempunyai multiverse, Squid Game pun dianggap memiliki multigenre. Hal itu dikarenakan, sang sutradara sekaligus penulisnya, Hwang Dong-yuk, memberikan sensasi sekaligus rasa yang lebih, untuk dinikmati bagi penontonnya. Squid Game termasuk thriller, edgy, horror, serta drama. Bahkan, sampai berisi dark jokes dan membuatnya lebih seru untuk ditonton para penggemar film.

4. Set Realistis, Efek CGI Minimalis

Selain itu, sang sutradara menginginkan agar set yang digunakan dalam proses pembuatan film, mampu memperlihatkan gambar lebih realistis dan setuju untuk menggunakan CGI efek yang minimalis, sehingga memberikan visual yang menakjubkan dari seri ini. Menariknya lagi, tim produksi juga menggunakan boneka berukuran besar dan sangat detail dari tiap hal yang perlu diperhatikan.

5. Penuh Teka-teki

Latar dalam ruangan yang penuh dengan kasur dan menutupi dinding asrama, dikarenakan permainan dalam ronde ada peserta yang tereliminasi, sehingga jumlah peserta yang tereliminasi tersebut, kasurnya mengikuti pula.

Dalam episode kedelapan, juga nampak tersisa tiga peserta bersama tiga tempat tidur tersisa, dengan lukisan-lukisan pada dinding asrama yang nampak jelas.

Sepintas, lukisan-lukisan ini menyerupai dari buku anak-anak, sehingga lukisan di dinding tersebut terabaikan oleh peserta. Padahal, lukisan tersebut lah, yang menjadi petunjuk penting dalam membantu para peserta untuk menang.

Tapi patut diingat, Netflix menyematkan rating 18+ untuk serial ini. Rating 18+ biasanya disematkan jika ada unsur kekerasan, seks, telanjang dan adegan bunuh diri dalam drama thriller ini. Dengan begitu, anak di bawah usia tersebut tidak dianjurkan untuk menontonnya. Menarik untuk ditonton.

(Redaksi Siberkaltim)