Pemkab Kutai Karatanegara

Peserta CPNS Mahulu Apresiasi, Hari Pertama Tes SKD di Kubar Berjalan Mulus

Kubar, Siberkaltim.id – Hari pertama tes seleksi kompetensi dasar calon pegawai negeri sipil (SKD CPNS) Mahakam Ulu (Mahulu) berjalan mulus. Setidaknya sudah membuat 186 peserta yang jauh hadir dari Mahulu ke Kubar melega, karena kondisi jaringan di Bumi Tanaa Purai Ngeriman bersahabat.

Berbeda halnya bagi peserta CPNS di Kubar yang justru harus tertunda pelaksanaannya akibat gangguan jaringan.  

Diketahui, pelaksanaan tes SKD CPNS Mahulu dilaksanakan di SMKN 1 Sendawar, Kecamatan Melak, Kubar, pada Senin (4/10/2021) pukul 13.00 WITA.

“Alhamdulilah tes hari ini berjalan lancar mas, padahal sempat deg-degan juga sebelumnya. Yah takut jaringannya gangguan, tapi ehh syukurnya sejak awal dimulai sampai selesai aman saja,” ujar Selly, salah satu peserta tes SKD CPNS asal Ujoh Bilang ini saat ditemui media Siberkaltim.id

Suksesnya pelaksanaan kegiatan tes tersebut, ditegaskan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Mahulu Wenefrida Kayang berkat sinergitas semua pihak yang terlibat. Sebab, sesuai jadwal yang disusun SKD dengan sistem computer assisted test (CAT) akan terbagi dalam 3 sesi sehari.

“Jika menindaklanjuti kendala jaringan, tim teknis secara sigap mengambil tindakan perbaikan. Dengan melakukan optimasi pada sistem sehingga pelaksanaan ujian dapat berjalan lancar kembali,” urai Kayang.

Adapun sejumlah pihak yang telah siap memback up kegiatan ini, yaitu dari pihak Telkom terkait bandwidth. Tak ketinggalan pula sejumlah tim dari Dinas Kominfo.

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Mahulu mencatat ada sekitar 1.013 pelamar yang mendaftar sebagai ASN di lingkup Pemkab Mahulu. Baik CPNS maupun PPPK guru. Ini sesuai data di panitia seleksi (pansel) daerah.

Sementara kuota yang diberikan, saat ini tersedia 369 formasi calon ASN. Terdiri dari 234 PPPK guru dan 135 CPNS dengan komposisi kuota 65 orang bagi tenaga kesehatan dan 70 tenaga teknis.

Adapun yang menjadi catatan penting dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu keseriusan Pemkab Mahulu di era kepemimpinan Bupati Bonifasius Belawan Geh dan Yohanes Avun untuk membuka peluang bagi putra-putri daerah membangun daerah tercinta Kabupaten Mahulu.

Untuk diketahui, pelaksanaan kegiatan tes SKD CPNS Mahulu di Kubar digelar selama tiga hari. Mulai Senin (4/10/2021) hingga Rabu (6/10/2021) nanti. Dengan harapan tidak terjadi hambatan apapun, baik jaringan maupun teknis lainnya. (adv/man)