Pemkab Kutai Karatanegara

Off Road Kukar Digelar, Bupati Edi: Bakal Jadi Agenda Tahunan

KUKAR, Siberkaltim.id – Lebih dari 100an off-roader dari berbagai klub asal Balikpapan, Samarinda, Kutai Barat, dan Kutai Kartanegara (Kukar) mengikuti Overland Kukar 2023.

Kegiatan yang digelar dua hari mulai tanggal 4 sampai 5 November 2023, bakal menguji adrenalin dengan medan yang menantang. Rute yang ditempuh sepanjang 80 kilometer mengambil start dari Kecamatan Tenggarong dan berakhir di Desa Tanjung Sarai, Kota Bangun.

“Medan yang kita lalui sangat memicu adrenalin, karena semalam, wilayah Kukar hujan lebat,” kata Bupati Kukar, Edi Damansyah saat melepas keberangkatan para peserta, Sabtu (4/11/2023) di halaman Kantor Bupati Kukar.

Bupati Edi berharap, Ketua Panitia, Yudi Apidiantara bersama Dinas Perhubungan Kukar dan Indonesia Off-Road Federation (IOF) Kukar dan Kaltim menyeriusi event ini.

“Kukar Overland ini kita tetapkan sebagai agenda tahunan di Kabupaten Kutai Kartanegara, jadi nanti pak Yudi (ketua panitia-red) dan teman-teman Dinas Perhubungan diurusi dengan baik dan berkoordinasi dengan teman-teman IOF Kukar serta IOF Kalimantan Timur,” ujar Edi yang juga ikut melibas trek.

Ketua Panitia Yudi Apidiantara menjelaskan, Kukar Overland 2023 diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Harhubnas tahun 2023 dengan tema Melaju Dengan Transportasi Maju.

Harapannya, bisa mempererat tali silaturahim antar sesama pecinta off-road di Kaltim.

“Adapun tujuan dari kegiatan tersebut tidak lain guna mempromosikan wisata alam, budaya, serta konektivitas baru yang ada di wilayah Kabupaten Kukar,” ujar Yudi yang juga Sekretaris Dinas Perhubungan Kukar ini.

Selain melibas medan yang menantang, para off-roader akan mengikuti bakti sosial di beberapa titik yang dilalui. Seperti di Desa Senoni dan Desa Kedang Ipil.

Nantinya, para peserta akan menginap semalam di objek wisata Danau Tanjung Sarai, Kecamatan Kota Bangun sebelum kembali keesokan harinya ke Tenggarong.

“Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat, semoga kegiatan ini berjalan lancar dan sukses hingga akhir pelaksanaannya,” tutupnya. Adv/Diskominfo Kukar)