Pemkab Kutai Karatanegara

Kelurahan Maluhu Siap Raih Piala Adipura Lagi

FOTO: Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro.

KUKAR, Siberkaltim.id – Kelurahan Maluhu, di Kecamatan Tenggarong menjadi peserta dalam ajang Adipura tahun 2023. Kontes ini merupakan ajang untuk menilai kawasan pemukiman terbersih dan Bank Sampah terbaik di wilayah tanah air.

Pada akhir Oktober 2023 lalu, tim penilai dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) datang ke Maluhu untuk melihat kondisi lingkungan dan permukiman di kelurahan tersebut. Tim penilai juga didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kukar sebagai tim pembantu.

Lurah Maluhu, Tri Joko Kuncoro, menjelaskan bahwa pemerintah kelurahan dan warga setempat telah berupaya maksimal untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan pemukiman. Ia juga mengharapkan bahwa Maluhu dapat meraih Adipura kembali, setelah terakhir kali mendapatkannya pada tahun 2014 silam.

“Adipura adalah penghargaan tertinggi untuk lingkungan bersih di Indonesia. Kami ingin mendapatkannya lagi, sebagai bukti bahwa kami memiliki kepedulian lingkungan,” ungkap Joko pada Selasa, (14/11/2023).

Ia menyampaikan bahwa tim penilai Adipura memberikan pujian yang tinggi terhadap Maluhu. Maka dari itu pihaknya optimis bahwa hasil penilaian ini akan membawa Maluhu ke puncak Adipura.

“Kami optimis bahwa hasil penilaian ini akan positif dan memungkinkan kita mendapatkan penghargaan Adipura lagi, yang merupakan penghargaan prestisius untuk kebersihan lingkungan di Indonesia,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)