Pemkab Kutai Karatanegara

Geprek Sambar, Layanan Jemput Bola Perekaman e-KTP di Kecamatan Samboja Barat

FOTO: Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, didampingi Camat Samboja Barat, Burhanuddin saat menyerahkan KTP kepada warga.

KUKAR, Siberkaltim.id – Pemerintah Kecamatan Samboja Barat melakukan inovasi digitalisasi pelayanan publik dengan giat jemput bola perekaman e-KTP dan Identitas Kependudukan Digital (IKD). Inovasi ini diberi nama Gerakan Percepatan Perekaman Kependudukan Samboja Barat dan Identitas Kependudukan (Geprek Sambar).

Para kepala desa, Ketua RT di masing-masing desa dilibatkan mengajak warganya. Program ini sudah dijalankan sejak Februari lalu usai camat definitif Samboja Barat ditetapkan.

Camat Samboja Barat Burhanuddin mengatakan, inovasi tersebut bagian dari transisi perpindahan status warga wilayah administrasi Kecamatan Samboja Barat 2020 lalu.

“Ini langkah pertama kami untuk melayani masyarakat karena perubahan status dari Kecamatan Samboja ke Kecamatan Samboja Barat,” ungkap Burhanuddin baru-baru ini.

Pemerintah kecamatan pun terus mendorong perekaman e-KTP bagi masyarakat Kecamatan Samboja Barat. Salah satu upaya yang dilakukan ialah melakukan sosialisasi terhadap pentingnya e-KTP sebagai dokumen kependudukan warga.

“Kita harus langsung turun ke warga,” katanya.

Program yang sudah berjalan 10 bulan sejak November 2023 ini sudah berjalan baik. Kecamatan terus mendorong program ini di 10 desa dan kelurahan.

“Dan Alhamdulillah blanko KTP elektronik sudah mulai kami distribusikan, tahap pertama ada tiga ribu untuk Kelurahan Salok Api Darat dan Karya Merdeka. Juga Kelurahan Margomulyo dan Sungai Merdeka,” tutupnya. (Adv/Diskominfo Kukar)