Pemkab Kutai Karatanegara

Permudah Akses Permodalan, Pemkab Kukar Launching Program KKI Petani, Nelayan, dan Pembudidaya Ikan

FOTO: Penyerahan simbolis program KKI kepada perwakilan petani, nelayan, dan pembudidaya ikan di Kukar.

KUKAR, Siberkaltim.id – Pemkab Kukar secara resmi melaunching program Kredit Kukar Idaman (KKI) bagi para petani, nelayan, dan pembudidaya ikan di Halaman Kantor Bupati, Senin (16/10/2023).

Kegiatan tersebut berbarengan dengan gerakan pangan murah serentak se-Indonesia yang digelar oleh Kementerian Pertanian.

Bupati Kukar Edi Damansyah menjelaskan tujuan program tersebut guna memberikan ruang permodalan bagi para petani, nelayan, dan pembudidaya ikan untuk mengembangkan usahanya.

Kata dia, melalui kerja sama Pemkab Kukar dengan Bank Kaltimtara. Program tersebut dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses kredit melalui bank.

“Dengan syarat yang sangat minim, masyarakat mudah untuk meminjam uang di bank,” ucap Edi.

Edi menambahkan, guna memperlancar program itu, Pemkab Kukar telah mengalokasikan penyertaan modal kepada Bank Kaltimtara.

“Untuk berkontribusi bagi pengembangan perekonomian daerah di sektor rill,” katanya.

Ia menyebut, program KKI ini merupakan komitmen Pemkab Kukar yang tertuang dalam RPJMD Kukar 2021-2026. Dengan “Program Usaha Kecil Idaman” untuk meningkatkan kapasitas dan daya saing produk UMKM.

“Dengan target memperkuat kapasitas usaha melalui akses permodalan, perluasan jaringan pemasaran dan peningkatan kualitas produk,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)