Pemkab Kutai Karatanegara

Pemkab Kukar Gelar Gerakan Pangan Murah Serentak se-Indonesia

FOTO: Bupati Kukar Edi Damansyah (tengah) di Halaman Kantor Bupati Kukar pada Senin (16/10/2023).

KUKAR, Siberkaltim.id – Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar acara gerakan pangan murah serentak se-Indonesia dalam rangka pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat. Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Edi Damansyah dan digelar di Halaman Kantor Bupati Kukar, Senin (16/10/2023).

Dalam sambutannya, Edi Damansyah menjelaskan, Kukar merupakan salah satu kabupaten dengan kekayaan alam yang luar biasa seperti potensi pangan yang melimpah. Ia menyebut, potensi pangan di Kukar tersebut, didukung dengan luasan lahan pertanian yang sangat luas disetiap kecamatan di Kukar.

“Kontribusi kita sebesar 42 persen dari total produksi gabah kering giling di Kaltim,” ucapnya.

Selain perkembangan sektor pertanian, Kukar juga menjadi salah satu penyumbang sektor perikanan dan kelautan terbesar di Kaltim.

“Lebih dari 80 persen produksi kelautan dan perikanan berasal dari Kukar,” jelas Edi.

Edi juga menambahkan, potensi pengembangan sektor holtikultura juga menjadi salah satu sektor andalan di Kukar, yang saat ini jadi lokus pengembangan Pemkab Kukar. Dengan asumsi tersebut, Edi menyebut ketersediaan pangan di Kukar pada saat ini masih dalam kondisi aman.

Ia mengatakan, pagelaran pangan murah ini sangat penting diadakan, sebab dapat menjadi menjadi kebijakan Pemkab Kukar untuk mengatasi kemiskinan.

“Di Kukar saat ini memiliki 60,81 ribu orang atau 7,61 persen penduduk masuk dalam kategori miskin, sehingga pasar murah menjadi hal penting,” tutur Edi.

Ia berharap, dengan adanya pasar murah tersebut, seluruh kebutuhan pokok masyarakat dapat terpenuhi dengan baik.

“Yang tak terlepas dari upaya perwujudan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing,” pungkasnya. (Adv/Diskominfo Kukar)