Pemkab Kutai Karatanegara

Pemerintah Loa Kulu Siapkan Pembangunan TPA di Desa Jembayan Tengah

FOTO: Camat Loa Kulu, Ardiansyah.

KUKAR, Siberkaltim.id – Pemerintah Kecamatan Loa Kulu sedang bersiap untuk melakukan pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Desa Jembayan Tengah. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tidak lagi membakar sampah di pekarangan rumah.

Camat Loa Kulu, Ardiansyah mengatakan, kini pihaknya telah menyiapkan lahan yang akan dijadikan lokasi TPA tersebut.

Tentu lokasinya, kata dia, jauh dari permukiman masyarakat agar tidak menggangu kenyamanan masyarakat setempat.

“Nanti di Jembayan Tengah itu ada lahannya pemerintah untuk kita jadikan tempat pembuangan akhir sampah,” kata Ardiansyah, Kamis (26/10/2023).

Sebelumnya, TPA Kecamatan Loa Kulu berada di Desa Loa Kulu Kota. Namun, karena tidak lagi mampu menampung tumpukan sampah yang sudah menggunung akhirnya dipindah.

“Jangan sampai ini melebar. Selama ini sementara kami masih membuang sampah di Kecamatan Tenggarong, yaitu di Bekotok,” ucapnya.

Ia menjelaskan, kini pihaknya juga telah mendapat satu bantuan armada tambahan pengangkut sampah oleh Pemkab Kukar. Dengan begitu, total armada pengangkut sampah di Loa Kulu menjadi dua armada.

“Memang masih kurang untuk wilayah Loa Kulu. Tapi dengan kita mengangkut setiap hari itu mengurangi beban dari sampah yang ada,” ujar Ardiansyah.

Ardiansyah juga mengaku, pihaknya telah menyiapkan SDM yang nantinya bertugas untuk mengangkut sampah di Loa Kulu.

“Untuk SDMnya sendiri kami sudah cukup,” tutupnya. (Adv/Diskominfo Kukar)