Pemkab Kutai Karatanegara

Dua Perajin Batik Kukar Ikuti Pekan Batik Nusantara di Pekalongan

FOTO: Kepala Dinas Pariwisata Kukar, Slamet Hadi Raharjo.

KUKAR, Siberkaltim.id – Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar kirimkan dua perajin batiknya untuk ikuti Pekan Batik Nusantara di Pekalongan, Jawa Tengah. Gelaran tersebut dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional selama empat hari pada 25-29 Oktober 2023.

Hal itu dilakukan untuk mempromosikan hasil olahan batik khas Kukar di tingkat nasional.

Kepala Dispar Kukar, Slamet Hadiraharjo mengatakan, Kukar memiliki beragam motif batik yang tak kalah saing dengan daerah lain. Di antaranya, motif gasing, keminting, lipan dan lain-lain.

Ia berharap, dengan keikutsertaan pengrajin batik Kukar dalam acara tersebut, dapat meningkatkan nilai ekonomi baik Kukar di kancah nasional.

“Ini juga bagian upaya pemerintah mendorong pelaku ekonomi kreatif agar lebih bersemangat menghasilkan produk lokal,” kata Slamet, Selasa (24/10/2023).

Sementara itu, salah seorang pengrajin batik Kukar, Merry mengatakan, perhatian dan dukungan pemerintah dalam memfasilitasi para pengrajin batik di Kukar sangat luar biasa.

“Salah satunya dengan memfasilitasi pengrajin batik Kukar mengikuti Pekan Batik Nusantara di Pekalongan,” ujarnya.

Ia yang juga menjadi salah satu perwakilan pengrajin batik Kukar, membawa hasil olahan batik, tas, dan sulaman khas Kukar.

“Sekaligus bisa mempromosikan hasil industri batik khas Kukar agar dikenal lebih luas lagi,” tutupnya. (Adv/Diskominfo Kukar)