Pemkab Kutai Karatanegara

Disperindag Kukar Dukung Program Pertanian Terintegrasi Berbasis Kawasan

FOTO: Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kukar, Sayid Fathullah.

KUKAR, Siberkaltim.id – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mendukung program pembangunan pertanian terintegrasi berbasis kawasan. Program tersebut merupakan kerja sama antara Pemkab Kukar dengan Fakultas Pertanian Universitas Gajah Mada (UGM).

Dalam hal ini, Disperindag Kukar nantinya akan memiliki peran dalam proses hilirasi hasil produk pertanian.

“Ini langkah yang cukup baik. Konsep pertanian terintegrasi ini menggabungkan pertanian, perikanan, peternakan, dan pariwisata,” ucap, Sekretaris Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, Jumat (13/10/2023).

Sayid mengatakan, langkah ini harus diambil oleh Pemkab Kukar. Mengingat ke depan Kukar akan menjadi bagian dari wilayah IKN.

Kata dia, akan datang jutaan penduduk ke Kukar. Ini akan menjadi peluang baik bagi Pemkab Kukar di bidang pertanian dalam arti luas.

“Semoga program ini dapat memberikan dampak besar bagi masyarakat khususnya kelompok petani,” kata Sayid.

Walau Sayid menyebut, masih banyak tantangan yang akan dihadapi oleh Pemkab Kukar. Salah satunya jumlah lahan pertanian yang menyusut dan kualitas tanah.

Namun, hal itu bukan menjadi persoalan. Karena nantinya hanya membutuhkan teknis khusus dari pihak terkait untuk memperbaiki beberapa hal tersebut. (Adv/Diskominfo Kukar)