Pemkab Kutai Karatanegara

Dishub Kukar Anggarkan Bus Sekolah, Bisa Beroperasi Tahun Depan

FOTO: Kepala Dinas Perhubungan Kukar, Ahmad Junaidi.

KUKAR, Siberkaltim.id – Pemkab Kukar melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kukar berencana akan melakukan pengadaan enam unit bus sekolah. Upaya itu sebagai salah satu langkah konkret Pemkab Kukar dalam memberikan fasilitas terbaik bagi pelajar sekolah di Kukar.

Kepala Dishub Kukar, Ahmad Junaidi mengungkapkan, saat ini satu unit bus telah dilakukan proses uji coba di Kelurahan Loa Tebu Tenggarong.

“Kami masih melakukan uji coba terlebih dahulu. Target penerima masih dalam proses pendataan untuk memastikan pemanfaatannya secara optimal,” jelas Junaidi, Jumat (13/10/2023).

Ia mengatakan, pengadaan bus tersebut, merupakan aspirasi yang kerap disampaikan oleh masyarakat sebagai sarana peningkatan kualitas pendidikan di Kukar.

“Bus sekolah termasuk kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi,” ungkapnya.

Sebab itu, Pemkab Kukar melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2023 telah menganggarkan enam unit bus sekolah.

Saat ini, enam bus sekolah itu masih dalam tahap pabrikasi pembuatan. Ia mengungkapkan, operasional bus sekolah tersebut akan dimulai pada 2024 mendatang.

Nantinya enam bus tersebut akan diserahkan langsung kepada pemerintah kelurahan maupun desa penerima yang telah ditetapkan oleh pihaknya.

“Kami harap mereka dapat mengembangkan swakelola. Ini penting untuk memastikan moda transportasi yang aman bagi pelajar,” katanya. (Adv/Diskominfo Kukar)