Pemkab Kutai Karatanegara

Desa Perian Bakal Kembangkan Wisata Air Terjun Sebagai Penghasil PADes

FOTO: Air terjun di Desa Perian.

KUKAR, Siberkaltim.id – Desa Perian Kecamatan Muara Muntai berencana jadikan pengelolaan wisata air terjun sebagai salah satu penghasil Pendapatan Asli Desa (PADes).

Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Desa Perian, Masrum. Ia mengatakan, pihaknya sedang melakukan pembenahan terhadap beberapa fasilitas yang terdapat di lokasi air terjun tersebut.

“Sejauh ini pengelolaan wisata masih dalam tahap perencanaan,” katanya, Selasa (24/10/2023).

Ia menyebut, dengan dijadikannya air terjun tersebut menjadi sebuah wisata, akan menjadi sebuah daya tarik bagi wisatawan.

Selain itu, juga akan tumbuh sektor lain seperti ekonomi kreatif dan UMKM di sekitar lokasi air terjun.

Rencananya, Pemerintah Desa Perian juga akan menggandeng PT Internasional Timber Corporation Indonesia Kartika Utama (PT ITCI KU) dalam pengelolaan situs wisata air terjun tersebut.

“Karena lokasi objek wisata tersebut masih berada di dalam wilayah perusahaan yang fokus pada pengolahan kayu,” kata dia.

Saat ini pihaknya sedang menyusun rancangan program kerja sama yang akan ditawarkan kepada perusahaan tersebut.

Ia berharap, proses kerja sama itu dapat segera terlaksana demi menghasilkan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Perian.

“Semoga langkah ini dapat menghasilkan pemasukan tambahan bagi Desa Perian melalui ekowisata, sembari menjaga keindahan alam dan lingkungan sekitar,” tutupnya. (Adv/Diskominfo Kukar)