Pemkab Kutai Karatanegara

Hadiri HUT ke-23 Kubar, Wabup Mahulu Akui Pembangunan Kubar Semakin Maju

Kubar, Siberkaltim.id – Wakil Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Yohanes Avun mengapresiasi pembangunan di Kutai Barat (Kubar) kian maju di usia 23 tahun. Hal ini dikatakannya saat menghadiri upacara peringatan HUT ke-23 Kubar, di Halaman Taman Budaya Sendawar, pada Sabtu (5/11/2022). 

Tidak hanya itu, orang nomor dua di kabupaten Mahulu ini juga mengucapkan selamat atas berhasil mencetak rekor MURI dengan memakai seraung terbanyak dalam perayaan hari jadi Kubar.

Di sisi lain, ia melihat bahwa bukan capaian rekor MURI pemakai seraung terbanyaknya, melainkan strategi pemerintah dalam menumbuh kembangkan perekonomian para Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam memanfaatkan momentum tersebut.

“Saya rasa patut menjadi contoh, di mana juga sebagaimana kita ketahui Kubar ini merupakan kabupaten induk dari Mahulu. Kita sangat apresiasi terutama dari keberhasilan capaian pembangunan yang sudah dicapai selama 23 tahun Kubar berdiri,” terang Wabup yang juga pejabat di Kubar sebelum pemekaran kabupaten Mahulu.

Mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Mahulu ini juga menyebut, menakar dari kemajuan dan keberhasilan pembangunan di Kubar, tentunya juga berdampak pada kabupaten Mahulu. Contohnya, infrastruktur jalan darat yan menjadi akses penghubung antar dua kabupaten ini.

Kendati diakuinya, akses jalan darat dari Kubar ke Mahulu masih tahap pengerjaan alias masih belum tuntas. Hal ini tentunya tak lepas dari peran pemerintah kabupaten Mahulu. 

“Memang untuk sekarang jalan darat Kubar ke Mahulu, masih jalan tanah namun ini sudah masuk ke dalam anggaran APBN, yang mulai progresnya pada tahun 2023-2024, terutama yang dari Kampung Long Gelawang Kecamatan Laham ke Kampung Ujoh Bilang Kecamatan Long Bagun, direncanakan tahun 2024, sudah akan diaspal,” kata Wabup. 

Terpisah, Bupati Kubar FX Yapan berterima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir. Ia berharap, momentum peringatan hari jadi kabupatennya itu dapat memotivasi kita semua untuk memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan daerah.

“Mari bersama-sama kita gapai visi pembangunan Kabupaten Kubar, dalam mewujudkan Kutai Barat semakin adil, mandiri dan sejahtera berlandaskan ekonomi kerakyatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ungkapnya. (man)