Pemkab Kutai Karatanegara

Pemkab Mahulu Tanda Tangani STO Jaringan Distribusi Trafo

Bupati Mahakam Ulu Bonifasius Belawan Geh (kiri) melakukan MoU bersama PLN di Samarinda, Rabu (16/03/2022). (Foto: Prokopim Kab. Mahulu)

Mahakam Ulu, Siberkaltim.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mahakam Ulu (Mahulu) berkomitmen untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. Salah satunya, pelayanan listrik bagi warga di wilayah ini. Pemkab Mahulu terus berupaya meningkatkan keandalan kebutuhan listrik masyarakat dengan terus bersinergi bersama PT PLN sebagai penyedia layanan listrik.

Demikian disampaikan Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh saat melakukan penandatangan Serah Terima Operasi (STO) Jaringan Distribusi dan Trafo dengan PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Samarinda, Rabu (16/03/2022).

Penandatangan STO dilakukan langsung oleh Bupati bersama Manager PLN UP3 Samarinda Ari Tirtaprawita. Dengan disaksikan Wakil Ketua I DPRD Mahulu Tiopilus Hanye, Sekretaris Daerah Kabupaten Mahulu, Stephanus Madang dan sejumlah pejabat terkait di lingkup Pemkab Mahulu.

Dalam sambutan singkatnya, Bupati Bonifasius menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang telah Pemkab Mahulu jalin dengan PT PLN (persero) selama ini. 

“Terima kasih atas undangannya dan terima kasih juga atas kerjasama yang telah dijalani selama ini antara Pemkab Mahulu dan PT. PLN. Kita mengucap syukur kepada Tuhan atas capaian kita,” ucap Bupati.

 “Apa yang menjadi kekurangan kita, itulah tugas kita ke depan. Sinergitas sangat penting, karena kita sama-sama mengabdi dan ini pun merupakan ibadah. Dimana kita memenuhi hajat hidup orang banyak dalam hal pemenuhan kebutuhan kelistrikan,” lanjutnya.

Untuk itu, Bupati pun berharap agar PT. PLN memberikan perhatian dan bantuan bagi Mahulu, terutama bagi masyarakat yang selama ini belum dapat dijangkau layanan listrik. “Kita berharap dibantu secara optimal karena memang daerah baru. Tetapi ada juga masyarakat yang belum terjangkau listrik. Mohon bantuannya,” harap Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, Ari Tirtaprawirta berharap antara PT. PLN dan Pemkab Mahulu dapat bersinergi. Di mana, secara teknis apa yang bisa dilakukan dan secara non teknis bisa mendapat support pemerintah daerah.

“PT. PLN selalu siap memberikan pelayanan kelistrikan  yang terbaik bagi masyarakat di Mahulu,” harapnya. 

Dirinya mengucapkan apresiasi dan terima kasih sebesar-besarnya atas apa yang sudah dilakukan oleh Pemkab Mahulu. “Kita bersama-sama memberikan keadilan, dan pelayanan bagi masyarakat di manapun berada. Semaksimal mungkin memberikan pelayanan terkait kelistrikan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, beberapa fasilitas yang diserahterimakan operasinya kepada pihak PT. PLN (Persero) UP3 Samarinda, antara lain Jaringan Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) lengkap aksesoris sepanjang 0,945 Kilometer Sirkuit (KMS). 

Kemudian berupa Jaringan Saluran Udara Tekanan Rendah (SUTR) lengkap aksesoris sepanjang 19,738 KMS. Ketiga, gardu distribusi lengkap aksesoris sebanyak 7 unit kapasitas masing-masing 100 KVA.

Diharapkan dengan penambahan fasilitas itu, pelayanan kebutuhan listrik akan semakin baik. SUTM dan trafo bantuan itu akan dipasang dengan lokasi jaringan tersebar di kawasan perkotaan, Kampung Ujoh Bilang-Long Melaham, Simpang Tikah-Simpang Budaya, Sebenaq dan Kantor Pariwisata-Simpang Gudang PLTD.

(Redaksi Siberkaltim)