Pemkab Kutai Karatanegara

Waspada Pancaroba di Tengah Pandemi, Jaga Daya Tahan Tubuh

Samarinda, Siberkaltim.id – Pandemi Covid-19 yang mulai melonjak tajam sejak akhir Januarì lalu, kini menunjukkan fluktuasinya termasuk di Benua Etam.

Menurut infografis dari Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim, Sabtu (19/2/2022) warga Kaltim yang terkonfirmasi positif Covid-19 naik hampir menembus diangka 2.000 kasus harian, atau tepatnya 1.978 kasus.

“Hari ini turun dan tercatat ada 1.537 kasus,” sebut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim Andi Muhammad Ishak, Ahad (20/2/2022) dikutip dari Instagram resmi Pemprov Kaltim.

Meski diakuinya, Balikpapan masih menjadi daerah penyumbang tertinggi mencapai 676 kasus, sedangkan Mahakam Ulu terendah ada tiga kasus positif namun tetap di zona kuning.

Dari total 1.537 kasus positif Covid terdapat 4 kasus positif dari pelaku perjalanan luar negeri, khususnya Balikpapan 2 kasus, Samarinda dan Kutai Kartanegara masing-masing satu kasus.

Sementara kasus aktif dirawat tetap tinggi sebanyak 1.094 pasien, atau turun dari jumlah kemarin 1.624 kasus.

Disebutkannya pula pasien sembuh dan selesai isolasi sebanyak 439 orang atau meningkat dari jumlah kemarin dari 350 orang.

“Pasien meninggal 4 kasus sama jumlahnya dengan kasus kemarin. Hari ini terjadi di Balikpapan, Bontang, Kutai Timur, dan Paser,” ungkapnya.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov Kaltim ini pun berharap masyarakat agar tetap mematuhi anjuran pemerintah dan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Selain waspada tertular virus corona karena masih pandemi. Juga terus jaga imun tetap kuat, sebab kondisi cuaca pancaroba yang bisa menurunkan daya tahan tubuh, sehingga menyebabkan seseorang mudah sakit,” pesannya.

(Redaksi Siberkaltim)