Cloud Hosting Indonesia

Muscab HPI Samarinda, Wawali Akui Peran Penting Pramuwisata

  • Bagikan

Samarinda, Siberkaltim.id – Dewan Perwakilan Cabang Himpunan Pramuwisata (DPC HPI) Kota Samarinda telah resmi menggelar musyawarah cabang (muscab) memilih kepengurusan periode 2022-2026 yang digelar di Aula Dinas Pariwisata Kota Samarinda, Sabtu (08/01/2022) siang.

Wakil Wali Kota (Wawali) Samarinda, Dr. H. Rusmadi yang turut hadir dalam muscab mengatakan posisi pramuwisata memiliki posisi penting karena tugas utama pramuwisata adalah memberikan informasi terkait Kota Samarinda dengan segala potensi wisatanya.

“Karena itu, saya memberikan rasa hormat kepada HPI yang terus menjaga organisasi. Dalam hal ini saya juga memberikan perhatian serius karena Kota Samarinda pada hari ini dan di masa mendatang memiliki posisi yang strategis. Selain sebagai provinsi dan dengan terpilihnya Kaltim sebagai IKN. Samarinda perlu sebuah perubahan besar karena ketergantungan kita kemarin di sektor penggalian khususnya pertambangan, alhamdulillah saat ini sudah bergeser tetapi sektor konstruksi ini masih pada posisi tertinggi, kemudian diikuti sektor perdagangan dan jasa,” ucap Rusmadi.

Sektor Pariwisata sambung dia, Kota Samarinda dengan posisi strategis diharapkan sektor tersebut bisa memberikan kontribusi yang sangat signifikan dalam perekonomian daerah. Namun ini bukanlah hal mudah. Menurutnya, walaupun dirinya mudah mengatakan bahwa pariwisata merupakan sektor penting yang dapat menggerakkan ekonomi, tetapi ia berpendapat masih banyak tugas berat yang harus dibenahi.

“Karena sebagai sebuah kota yang kita harapkan sektor wisatanya berkembang apalagi Samarinda ini  memiliki potensi wisata  yang besar, salah satu contoh misalkan wisata pada sektor budaya dari suku Dayak dengan segala keunikannya yang bisa dijumpai di Desa Budaya Pampang. Desa tersebut juga perlu kita tata ulang agar terlihat menarik dan yang pasti banyak orang yang ingin ke sana,” ujarnya.

Ia juga menyebut masjid tua Shirathal Mustaqiem di Samarinda Seberang, Islamic Center, Vihara, Pura, dan Kelenteng juga memiliki potensi wisata religi yang sangat besar. Namun yang belum dioptimalkan potensi wisatanya ialah wisata alamnya.

“Terakhir, saya berpesan dalam Musda ini, pemilihan ketua itu memang penting, tetapi yang jauh lebih penting ialah program-programnya yang tentu selaras dengan program unggulan Pemerintah Kota, terutama untuk menjadikan Samarinda ini sebagai kota pusat peradaban. Saya tertarik dengan tema hari ini yakni Momentum Kolaborasi dan Kolaboraksi Pemandu Wisata Kota Samarinda. Jadi hari ini dan seterusnya kita tidak bisa lagi bekerja sendiri tetapi harus saling menguatkan. Harus tetap semangat dan harus tetap yakin bahwa Samarinda sekarang dan ke depan akan terus melakukan perubahan,” tutup Rusmadi.

(Redaksi Siberkaltim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.