Cloud Hosting Indonesia

Webinar Literasi Digital : Menuju Masyrakat Indonesia Makin Cakap Digital

  • Bagikan

Kubar, Siberkaltim.id – Penggunaan teknologi digital secara tepat akan sangat bermanfaat bagi penggunanya, tetapi jika digunakan secara berlebihan akan mempunyai resiko negatif.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) bersama Siberkreasi kembali menggelar Webinar Literasi Digital Nasional wilayah Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur, dengan Topik – topik menarik dan narasumber yang kompeten, Kamis (18/11/2021) Pukul 10.00 secara Virtual melalui Zoom Meeting.

Webinar kali ini dipandu moderator Ronald Andretti yang menghadirkan narasumber Nowela yang merupakan Indonesia Idol 2021 mengangkat tema budaya digital.

Nowela Mikhelia membahas tentang budaya berdigital dengan menginisiasi tema “pilih mana nabung atau belanja online”. Dalam paparannya, Ia begitu sangat menegaskan pemahaman tentang budaya digital di era sekarang. 

Menurutnya, pentingnya memiliki kemampuan individu dalam membaca, menguraikan, membiasakan, memeriksa, dan membangun wawasan kebangsaan, nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari−hari). 

“Pengetahuan dasar akan nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai landasan kecakapan digital dalam kehidupan berbudaya, berbangsa, dan bernegara. Lalu, digitalisasi kebudayaan melalui pemanfaatan TIK. Terakhir, pengetahuan dasar yang mendorong perilaku mencintai produk dalam negeri dan kegiatan produktif lainnya,” paparnya.

Dilanjutkan pemateri Desi Susanti, S.Pd merupakan Guru SMAN 1 Sendawar
dengan kategori tema Kecakapan Digital : Kemajuan Teknologi: Musibah Atau Anugrah?, berikutnya Vivi Lutviana seorang Content Creator dengan kategori Etika Digital : Bebas Namun Terbatas, Berekspresi di media Sosial

Adapun pemateri terakhir yaitu Maichol Haf, S.Pd. selaku Kepala IGI Kutai Barat dengan Keamanan Digital : Hati-hati dalam Menyebar Data Pribadi Mu. (adv)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.