Pemkab Kutai Karatanegara

Webinar Literasi Digital di Kutai Barat Angkat Topik Sopan dan Beradab di Dunia Maya

Kubar, Siberkaltim.id – Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur kembali bergulir. Pada Jumat, 15 Oktober 2021 pukul 15.00 hingga 17.25 WITA, telah dilangsungkan webinar bertajuk “Masyarakat Indonesia Sopan Dan Beradab di Dunia Maya”.

Kegiatan masif yang diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI ini bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 juta jiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 73,7 persen.

Dalam konteks inilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI ini menjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Webinar literasi digital Kubar yang kesekiankalinya itu menghadirkan narasumber lokal hingga nasional. Yakni, sebagai pembicara pertama Iflahah Zuhriyaten, S.Ag., M.Pd, Dosen UHAMK, dengan tema Keamanan Digital : Peran Orang Tua dalam memberikan Ajaran tentang Keamanan Internet untuk Anak.

Pemateri berikutnya, Jumrotus Solihah, yang merupakan seorang Entrepreneur membawakan materi Etika Digital dengan tema, bijak beretika di internet. Dilanjutkan Can Risza Haitami sebagai narasumber ketiga yang bertindak sebagai Key Opinion Leader dalam acara ini adalah seorang MC and Influencer.

Risna Haitami membahas materi tentang  Budaya digital, yakni Internet Addiction : How Much is it  Too Much?. 

Sebagai narasumber terakhir, Multono Purwanto, Kepala Seksi Aplikasi Telematika pada Diskominfo Kutai Barat, dengan bahasan kecakapan digital yang berjudul “Tangkal HOAX di media sosial dengan literasi digital”.

Para narasumber tersebut memperbincangkan tentang 4 pilar literasi digital, yakni Digital Culture, Digital Ethic, Digital Safety dan Digital Skill.

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian webinar yang diselenggarakan di Kabupaten Kutai Barat. Masyarakat diharapkan dapat hadir pada webinar-webinar yang akan datang. (adv)