Pemkab Kutai Karatanegara

Sudah Lama, Pemkab Kubar Akan Tambah Armada Damkar

Petugas Damkar bersama armadanya siap membantu masyarakat apabila terjadi kebakaran. (Dok. Siberkaltim.id)

Kubar, Siberkaltim.id – Pemkab Kubar memastikan akan menambah jumlah armada pemadam kebakaran (Damkar) satu unit setiap tahunnya. Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penanganan cepat ketika terjadi kebakaran.

Wabup Kubar Edyanto Arkan mengatakan pemerintah akan mengoptimalkan semua kendaraan damkar yang dimiliki, untuk memperbaikinya menjadi baik. Apabila ada armada yang sudah tidak layak lagi mungkin perlu dihapuskan.    

Pemkab juga secara bertahap akan menambah armada dengan anggaran-anggaran yang terbatas ini, mungkin satu unit armada setiap tahunnya.

“Tambahan armada Damkar selalu dibicarakan untuk tambahan satu unit setiap tahunnya dalam rapat anggaran bersama tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Kubar,” kata Wabup pada konferensi pers, di Ruang Rapat Koordinasi, Lantai 3 Kantor Bupati Kubar, baru-baru ini.

Selain armada, kesiapan petugas Damkar jadi tuntutan. Responsif petugas tersebut, selang lima menit saat mengetahui kejadian kebakaran di daerah Kampung Sembuan Kecamatan Nyuatan dengan cepat berangkat untuk mengantisipasi dan mengatasi kebakaran.  

“Kami sangat menghargai kesiapsiagaan petugas Damkar yang melekat pada Dinas Satpol PP Kubar dan responnya pun dari petugas sudah cukup baik,”ujarnya.

Pemkab mengharapkan partisipasi perusahaan perkebunan, perkayuan, dan pertambangan yang ada di daerah-daerah kampung yang jauh dari ibukota kabupaten.

“Apabila terjadi kebakaran dapat mengoptimalkan unit armada pemadam kebakarannya membantu masyarakat di sekitarnya,” terangnya.

(Redaksi Siberkaltim)