Cloud Hosting Indonesia

DWP Kaltim Gelar Pelatihan Batik, Harap Bisa Bangkitkan UMKM

  • Bagikan
Pelatihan batik bagi anggota DWP Kaltim (Foto: Diskominfo Kaltim)

Samarinda, Siberkaltim.id – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Kaltim membuka Pelatihan Batik Tulis bagi anggota DWP Kaltim. Pelatihan dibuka langsung oleh Norbaiti Isran Noor bertempat di Rumah Jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim, Kamis (30/9/2021)

“Tidak hanya remaja, mulai dari anak-anak kita harus mulai dikenalkan dengan batik. Jadi, mereka tahu batik itu sangat beragam dan banyak,” ujar Norbaiti dikutip website Diskominfo Kaltim.

Norbaiti menyebut kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi para peserta seperti pelestarian budaya daerah serta menambah kreativitas.

“Karena membuat batik butuh kreativitas dan butuh khayalan, karena dengan khayalan perajin bisa merekam hasil karyanya kemudian dituangkan di kain,” ucap istri Gubernur Isran Noor ini.

Kemudian Norbaiti juga menambahkan perajin batik merupakan orang yang sabar karena jika dibuat dengan terburu-buru maka hasilnya tidak rapi. Menurutnya teliti, tekun, dan sabar adalah kunci dalam pembuatan batik, sehingga hasil batiknya akan bagus.

Ia memprediksi akan tumbuh wirausaha baru jika pelatihan batik terus ditingkatkan.

“Jika dari seluruh peserta ini ada lima saja yang berhasil maka akan ada UMKM baru yang tumbuh,” imbuhnya.

Dari 10 Kabupaten dan Kota di Kaltim sebutnya telah memiliki ciri khas masing-masing. Oleh karena itu, Norbaiti berharap dengan pelatihan ini ia mengajak dengan penuh semangat untuk membangkitkan UMKM baru yang bisa bersaing.

(Redaksi Siberkaltim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.