Pemkab Kutai Karatanegara

Dinas TPH Kaltim Gelar Festival Pangan Lokal, Ada Stand Kuliner Gratisnya

Samarinda, Siberkaltim.id – Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultural (DPTPH) Kaltim kembali menggelar Kegiatan Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi Tahun 2021 yang bertempat di Gedung TP-PKK Kaltim, Kamis (21/10/2021).

“Kegiatan yang digelar hari ini bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kaltim dengan mengangkat tema Sehat dengan Pangan Lokal, Kenyang Tidak Harus Nasi,” ujar Kepala DPTPH Kaltim, Siti Farisyah Yana dilansir website Diskominfo Kaltim.

Yana menuturkan pelaksanaan kegiatan Pangan Lokal tahun ini dilakukan bersamaan dengan Gerai Pangan Lokal, serta diadakannya Lomba Festival Pangan Lokal.

Ditambahkannya tujuan digelarnya Festival Pangan Lokal Tingkat Provinsi ini untuk mendorong penerapan konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) dengan memanfaatkan olahan pangan lokal serta mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial.

“Untuk Gerai Pangan Lokal diadakan di halaman Kantor PKK, dengan menampilkan sebuah stand pameran yang berisikan produk olahan komersial dari berbagai Kab/Kota, serta disediakan juga stand kuliner gratis dari berbagai olahan pangan lokal hasil produk dari beberapa UMKM yang ada di wilayah Kota Samarinda, Kota Balikpapan dan Kabupaten Kutai Kartanegara,” pungkasnya.

Sementara, untuk lomba Festival Pangan Lokal tersebut dengan 3 (tiga) kategori yaitu Kategori Paket Lunch Box B2SA dengan target peserta Tim PKK 10 Kab/Kota, Kategori Produk Olahan Pangan Lokal Komersial dalam kemasan dengan target peserta Instansi yang menangani ketahanan Pangan Kab/Kota serta Kategori Paket Snack Box dengan target peserta Cathering/UMKM di Kota Samarinda.

(Redaksi Siberkaltim)