Pemkab Kutai Karatanegara

Rute ke Ulu Riam Dijamin SOA, Pemkab Mahulu Gelontorkan Rp 10 Miliar Setiap Tahun

Mahulu, Siberkaltim.id – Program subsidi ongkos angkut (SOA) transportasi angkutan umum melalui speed boat bersubsidi di Mahakam Ulu (Mahulu) terus diperluas. Kini layanan tersebut sudah menyentuh di lima kecamatan. Armadanya pun kini mencapai 25 unit.

Kepala Bidang Transportasi Darat dan Sungai Dinas Perhubungan (Dishub) Mahulu, Sudarno merincikan, sebanyak 15 unit untuk rute wilayah Ulu Riam, sementara sisanya menuju hilir Ujoh Bilang.

Sesuai hasil evaluasi, diperbanyak ke wilayah Ulu Riam. Rute angkutan dari Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun ke Kecamatan Long Pahangai dan Long Apari. Alokasi anggaran SOA setiap tahun totalnya sebesar Rp 10 miliar.

Baca juga : Mungkinkah PTM di Kubar Dijalankan Pertengahan September ini?

Layanan subsidi untuk menuju dua wilayah di Ulu Riam itu, kata Sudarno dinilai sangat efektif demi keberlangsungan penyegaran ekonomi warga ditengah pandemi saat ini. Waktu keberangkatan dan kedatangan sesuai jadwal.

“Begitu juga untuk wilayah Kecamatan Laham dan Long Hubung, sangat lancar. Warga sangat terbantu dengan SOA transportasi Sungai Mahakam itu,” ucapnya.

Baca Juga : Mahulu Pastikan Cadangan Obat Disana Aman, Kok Bisa, Ini Alasannya?


Mengingat kondisi pandemi COVID-19 ini, dilakukan pengetatan protokol kesehatan (Prokes) bagi warga yang pergi dan pulang menggunakan speed boat bersubsidi ini. Lanjut Sudarno, SOA bertujuan meringankan beban masyarakat ekonomi menengah ke bawah.

“Hal itu merupakan salah satu program Pemkab Mahulu dalam program Gerakan Pembangunan Masyarakat Adil dan Sejahtera (Gerbangmas) diluncurkan sejak 2017 lalu,” ujarnya. Diketahui, program SOA ini beroperasi pada 10 Mei 2021 lalu.

(Redaksi Siberkaltim)