Cloud Hosting Indonesia

Festival Pangan Lokal B2SA, 8 Kecamatan di Kubar Saling Adu Terbaik

  • Bagikan

Kubar, Siberkaltim.id – Lomba Festival pangan lokal Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Kutai Barat 2021, kembali digelar. Kegiatan yang digagas Tim Penggerak PKK Kabupaten Kubar ini diikuti oleh 8 kecamatan se-Kubar.

Kegiatan ini terjadwal tiap tahun dan berlangsung di Gedung Serbaguna Tim Penggerak PKK, Jalan Sendawar Raya, Kecamatan Barong Tongkok, Kamis (16/9). Kegiatan tersebut dibagi menjadi dua sesi, yakni masing-masing 4 kecamatan dalam sekali kegiatan. Adapun sesi pertama dimulai pagi, pukul 08.30 WITA, lalu pada sesi siang berikutnya pada pukul 12.30 WITA.

Kecamatan yang turut ambil bagian dalam kegiatan itu yakni, Kecamatan Muara Pahu, Melak, Barong Tongkok, Long Iram, Damai, Nyuatan, Sekolaq Darat dan Siluq Ngurai.

Disela kegiatan berlangsung, Ketua Tim Penggerak PKK Kubar, Yayuk Seri Rahayu Yapan mengatakan, festival pangan lokal B2SA tingkat kabupaten ini kerap menjadi kegiatan yang terus menggali potensi pangan lokal yang kreatif  beragam, bergisi, berimbang, dan kretif bercita rasa.

Disamping itu, beragam kemampuan juga ditunjukkan dalam mengolah bahan lokal non beras yang cukup baik. Selain itu, para peserta juga sudah berinovasi mengolah bahan lokal sehingga bernilai dan bergizi baik untuk dikonsumsi keluarga.

Isteri orang nomor satu Kubar ini berpesan, kepada peserta agar terus meningkatkan kreatifitas dan kualitasnya dalam mengolah bahan pangan lokal di Kubar yang bernilai tinggi, juga dapat dikonsumsi untuk keluarga, anak anak dan masyarakat.

“Dengan kegiatan ini diharapkan menu dari bahan pangan lokal yang ada disekitar kita bisa diolah yang pada akhirnya membantu meringankan perekonomian keluarga, kriteria lomba meliputi segi Kreatif, beragam, berimbang, citarasa /terlezat,” imbuh Yayuk.

Adapun dewan juri yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu terdiri dari 5 juri, berasal dari Tim Penggerak PKK Kubar. Salah satunya ialah Bunda Yayuk Seri Rahayu Yapan, Kresensia Rikam dari Dinas Ketahanan Pangan, Rina Giptalina dari Dinas Kesehatan, Rahmayani John dan Ketua Persatuan Ahli Gizi Kubar Stephanus Liah.

(Redaksi Siberkaltim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.