Cloud Hosting Indonesia

Dapat Tambahan 35 Vaksinator, Polda Kaltim Gandeng Poltekes Kemenkes Kaltim dan Akbid Borneo Medistra

  • Bagikan
Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto saat diwawancarai awak media.

Balikpapan, Siberkaltim.id – Polda Kaltim menjalin kerjasama penambahan tenaga vaksinator dengan Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur dan Akbid Borneo Medistra Balikpapan, Sabtu (4/9) pagi.  

Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Hariyanto menyebut, upaya memperluas cakupan vaksinasi memang harus didukung dengan ketersediaan tenaga vaksinator. “Kalau kita sendiri (Polda Kaltim) terus terang masih kurang. Dengan kerjasama ini, nantinya akan ada tambahan 35 tenaga vaksinator bersertifikat dari Poltekes Kemenkes Kaltim dan Akbid Borneo Medistra,” kata Wakapolda, selepas tanda tangan MoU di BSCC Dome.
 
Hariyanto menambahkan, Polda Kaltim dituntut mampu melakukan 9.700 vaksinasi setiap hari di seluruh Kaltim. Sehingga keberadaan tenaga vaksinator memang sangat diperlukan. “Kalau dari kepolisian ada 162 tenaga kesehatan yang tersebar di sembilan Polres dan Polda Kaltim, ini tidak hanya vaksinator saja,” kata dia.
 
Direktur Politeknis Kemenkes Kaltim Supriadi B mengaku senang bisa menjalin kerjasama dengan Polda Kaltim. Pihaknya bertekad membantu memperluas cakupan vaksinasi di Kaltim.
 
Dalam kerjasama ini, Poltekes Kaltim bakal melibatkan alumni dan dosen yang sudah mendapatkan sertifikat pelatihan. Secara keseluruhan, saat ini Poltekes Kaltim punya 50 vaksinator yang bisa membantu vaksinasi.
 
“Mahasiswa tingkat akhir juga sedang kami persiapkan untuk menjadi tenaga vaksinator. Tapi kami masih menunggu kebijakan dari Kemenkes RI,” kata Supriadi.  
Direktur Akbid Borneo Medistra Nila Trisna Yulianti menyebut, vaksinator yang jadi bagian dari kerjasama ini sudah mendapat pelatihan dari Polda Kaltim. “Ada 13 mahasiswa tingkat tiga yang kami siapkan. Mereka semua sudah ikut pelatihan sebelum terjun ke lapangan,” beber dia.

(Redaksi Siberkaltim)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.